Dihadiri Anggota DPR RI, Wali Kota Resmikan Laboratorium Dinkes Bukittinggi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWSCOM, BUKITTINGGI – Wali Kota Bukittinggi meresmikan gedung laboratorium dinas kesehatan (Dinkes), Minggu (4/12/2022). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ade Rezki Pratama.

Suasana saat peresmian gedung laboratorium Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi oleh Wali Kota bersama Anggota DPR RI.

Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi Linda Faroza menjelaskan, Laboratorium Kesehatan ini telah sesuai dengan standar pelayanan Laboratorium Kesehatan Kab/Kota berdasarkan pedoman desain tipikal
Laboratorium Kesehatan Kementerian Kesehatan RI tahun 2021. Dan telah dapat difungsikan untuk pemeriksaan biomolekular dengan biosafety Level 2
(BSL-2).

Read More

Labkes Bukittinggi kata Linda, memiliki empat ruang pengujian, Ruang Laboratorium Air, Ruang Laboratorium Lingkungan, Ruang Laboratorium makanan dan minuman serta
Ruang Laboratorium Biomolekular. Laboratorium kesehatan masyarakat (labkesmas) untuk menghadapi penyakit infeksi yang berkembang di masyarakat.

“Labkes ini sudah bisa melakukan pemeriksaan BSL-2 untuk mitigasi atau pencegahan penularan penyakit menular,” jelas Linda.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyampaikan, labkes ini menjadi poin penting dunia kesehatan. Bagaimana labor ini dapat melakukan pemeriksaan terhadap penyakit menular, kebersihan air dan juga makanan.

“Dengan lab ini, tentunya pelayanan terhadap kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan,” ucap Erman.

Lab ini kata Erman, bisa jadi sarana peningkatan layanan kesehatan masyarakat dan juga tambahan penghasilan daerah, karena daerah tetangga juga bisa memanfaatkan labkes Bukittinggi ini.

“Ke depan Pemko Bukittinggi akan lengkapi peralatan alat pemeriksaan covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota komisi IX DPR RI Ade Rezki Pratama, mengapresiasi pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan laboratorium ini.

“Ini sudah menjadi sesuatu yang wajib di setiap daerah. Bahkan, saat ini menjadi salah satu labkesda terlengkap di Sumatra Barat,” tuturnya.

Ia sebut, dengan fasilitas yang ada, labkesda ini sudah bisa melakukan pemeriksaan obat, makanan, air dan ke depan juga bisa untuk pemeriksaan virus covid-19 dan penyakit menular lainnya.

“Bukittinggi tidak perlu lagi ke daerah lain untuk melakukan pemeriksaan. Bahkan setelah adanya lab ini, tentu akan bisa melayani masyarakat dengan baik, tidak hanya Bukittinggi tapi juga daerah lain dan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bukittinggi,” sebut Ade Rezki Pratama. (*)

Related posts