Dihadiri Bupati, Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Masuk PTN Bagi 371 Calon Mahasiswa

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanah Datar, menyerahkan bantuan biaya masuk Perguruan Tinggi Nasional (PTN) bagi 371 calon mahasiswa asal Tanah Datar yang akan berkuliah di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Bantuan Tahap I ini berjumlah Rp 802.200.00,- (Delapan Ratus Dua Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM di Mesjid Al- Amin Piliang Lima Kaum ,Batusangkar pada Kamis (23/6/2022).

Read More

Ketua Baznas Tanah Datar, Yasmansyah, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, bahwa jumlah penerima bantuan pada tahun ini meningkat lebih dua kali lipat jika dibandingkan tahun 2021.

” Tahun 2021 jumlah penerima bantuan masuk Perguruan Tinggi Nasional adalah 300 orang. Sementara untuk tahun 2022 berjumlah 656 orang. Untuk tahap I sebanyak 371 orang dan Tahap II sebanyak 275 orang penerima “.

Lebih lanjut Yasmansyah menjelaskan, bahwa besaran bantuan yang diberikan berkisar antara 1- 5 juta rupiah per calon mahasiswa tergantung UKT masing-masing. Disamping itu Baznas Tanah Datar juga memiliki program bantuan pendidikan bagi 3 orang mualaf sebesar 500/ orang dan Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni.

Yasmansyah juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar menyalurkan zakatnya melaui Baznas karena sampai saat ini 93% sumber dana Baznas berasal dari ASN di Lingkungan Pemda Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, dalam arahannya menyampaikan apresiasi ke Baznas Tanah Datar yang telah berkomitmen mendukung program Pemerintah Daerah dalam mencerdaskan Putra daerah.
Bupati juga berpesan kepada para calon mahasiswa ini untuk melek teknologi namun tidak terjerumus karenanya.

“Bentengi diri adek- adek dengan agama. Jaga pergaulan, kontrol diri, dan seringkali berkomunikasi dengan orang tua. Perbanyak hafalan Al Qur’an karena ini merupakan salah satu Program Unggulan Tanah Datar yaitu ‘ Satu Rumah, Satu Hafizh/ Hafizah” ucap Bupati.

Lebih lanjut Bupati juga berharap kepada dengan adanya bantuan pendidikan ini, tidak ada lagi putra/ putri Tanah Datar yang tidak bisa melanjutkan pendidikan dengan alasan keterbatasan biaya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Staf Ahli Percepatan Pembangunan Edi Susanto,Kasubag TU Kemenag Tanah Datar, Kabid di Dinas Pendidikan, Camat Lima Kaum,Wali Nagari Lima Kaum,pengurus mesjid Al-Amin serta perwakilan calon mahasiswa dari kecamatan Lima Kaum,Rambatan dan Pariangan.(Mi)

Related posts