Dikunjungi Bupati, Warga Kotobaru Simalanggang Minta Peningkatan Sarana dan Infrastuktur Nagari

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, ketika berkunjung ke Masjid di Koto Baru Simalanggang, Selasa (5/4). (Foto: Humas)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Sejumlah harapan masyarakat di Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kebupaten Limapuluh Kota mengemuka ketika Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemkab mengunjungi sejumlah masjid, Selasa (5/4).

Salah satu permintaan masyarakat di Jorong Tobekpanjang, Koto Baru Simalanggang, yakni peningkatan sarana dan prasarana pendidikan serta transportasi. Aspirasi tersebut disampaikan langsung masyarakat setempat kepada Tim Safari Ramadhan Limapuluh Kota kepada Bupati, Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Read More

Mereka meminta agar TK Kasih Ibu agar ditingkatkan fasilitas penunjang pendidikan pada TK tertua di Koto Baru Simalanggang itu. Selain warga, kepada Tim Safari Ramadhan, aspirasi juga disampaikan warga oleh Wali Nagari Koto Baru Simalanggang M Rizal.

“Kami juga berharap kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan untuk meningkatan kontruksi irigasi pertanian dengan kualitas rabat beton,” sebut M Rizal dalam penyampaiannya.

Betonisasi irigasi pertanian, menurutnya, mengingat 90 persen masyarakat Koto Baru Simalanggang berprofesi sebagai petani. Selain itu, kepada Dinas Pekerjaan Umum Dan Pekerjaan Ruang, warga Jorong Subarang Tabek segera menaikkan status jalan penghubung Kabupaten Lima Puluh Kota dan Sungai Durian, Kota Payakumbuh.

Mendengar aspirasi warga para jema’ah, Bupati safaruddin Dt bandaro Rajo langsung mengintruksikan Kepala Dinas Pendididan dan Kebudayaan untuk menindaklanjuti permintaan peningkatan sarana dan prasana di TK Kasih Ibu.

“Saya minta kepada Buk Kadis menindaklanjuti permintaan ini,” ujar Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo merespon permintaan warga pada kesempatan dialog bersama TSR I.

Di Jorong Taratak Nagari Tanjung Gadang kepada Tim IV SFR masyarakat meminta jalan Provinsi di Kawasan Alang Lauik Tanjuang Gadang, agar diusulkan kepada pemerintah propinsi Sumatera Barat dilaksanakan perbaikan karena kondisinya sudah rusak berat dan berdampak kepada aktifitas perekonomian warga Tanjuanggadang.

Hari ketiga ketiga Tim Safari Ramadhan, sebanyak lima tim Safari Ramadhan melakukan kunjungan ke lima nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Tim I yang dipimpin langsung oleh Bupati mengunjungi Masjid Istiqomah.

Adapun tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati mengunjungi Masjid Darul Falah, dan tim III yang dipimpin oleh Ketua DPRD mengunjungi Masjid Al-Ihsan.

Sedangkan dua tim lainnya yakni tim IV yang dipimpin oleh Kajari dan tim VI yang dipimpin oleh Kapolres Kota Payakumbuh mengunjungi Masjid Mukhlisin dan Masjid Jami’atul Huda.

Selain menampung aspirasi masyarakat, Tim I dan Tim IV juga menyerahkan hibah bantuan pemberdayaan masjid total Rp 40 juta, dengan rincian masing-masing kepada Pengurus Masjid Istiqomah dan Masjid Mukhlisin Rp 20 juta.

Di tempat sama, Wakil Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Syamsul Mikar dalam sambutannya mengatakan, banyak hal positif yang dapat kita serap dari kegiatan safari ini. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi langsung kepada Pemerintah Daerah, sebab safari Ramadhan ini salah satu tujuannya menjemput aspirasi.

Seterusnya Ia berharap seluruh program yang diusung oleh pemerintah daerah dalam membangun Lima Puluh Kota dapat berjalan lancar dan didukung penuh oleh warga Koto Baru Simalanggang khususnya.

“Semoga aspirasi bapak dan ibu dapat kita serap dan dilaksanakan secepatnya”, seru Syamsul Mikar. (akg/rel)

Related posts