Dinas Kesehatan Kota Solok Seleksi Kader Posyandu Berprestasi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Menurut Niko Rianda Putra, Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Solok, Rabu (9/11/2022), Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat.

Dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan tersebut, tujuan utamanya untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar atau sosial dasar.

Read More

Terutama dalam meminimalisir angka kematian ibu dan angka kematian bayi atau anak. Jika pengetahuan dasar tentang kesehatan masyarakat minim, akan sulit untuk melakukan upaya dalam meminimalisir angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

“Posyandu merupakan pos pelayanan paling dasar masyarakat dalam mengedukasi dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Karena itu, peran Posyandu sangat penting” kata Niko.

Lebih lanjut Niko mengatakan seleksi kader Posyandu bukan sekedar mencari pemenang, tetapi sekaligus melakukan pembinaan terhadap Posyandu untuk terus meningkatkan kemampuan agar bisa mandiri dengan skill terbaik.

“Dengan momen seleksi kader Posyandu Berprestasi tingkat Kota Solok ini diharapkan kemampuan kader Posyandu makin lebih baik, sehingga pelayanan kesehatan dasar masyarakat bisa terpenuhi” sebutnya.

Ketua Tim juri seleksi kader Posyandu Berprestasi, Ny. Eli Umar Rivai mengatakan seleksi kader Posyandu berprestasi ini sebelumnya melewati proses yang berjenjang. Mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi hingga tingkat nasional.

“Lomba yang dilaksanakan hari ini, nantinya harus terus didukung oleh Pemko Solok. Sehingga kedepannya menghasilkan kader Posyandu terbaik yang mengharumkan nama Kota Solok sampai ke tingkat nasional” harapannya.

Related posts