Dinas Kesehatan Pariaman Gelar Pelatihan PHBS Pada Kader Promkes Kecamatan

MINANGKABAUNEWS.COM,Pariaman – Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan menggelar Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada kader dan petugas tingkat Kota Pariaman di Aula Pertemuan Kantor Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Kamis (17/2).

Pelatihan yang digelar selama 3 hari dari tanggal 15 s/d 17 tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah, diikuti Ketua Pokja 4 kecamatan, dua orang kader desa/kelurahan dan promkes kecamatan. Hadir juga selaku narasumber, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius Umar.

Read More

Nazifah dalam sambutannya mengatakan, menjadi tugas kita semua terutama para kader mensosialisasikan kepada masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak membuang air besar sembarangan.

“Ada isu bahwa masih adanya masyarakat Kota Pariaman yang membuang air besar di tepi pantai ,” terangnya.

Padahal, jelas Nazifah, setelah ditelusuri mereka yang BAB sembarang tersebut punya wc dirumahnya, tapi karena tak terbiasa buang air besar di wc maka mereka lebih memilih BAB di pantai.

Ia mengingatkan bahwa prilaku Buang Air Besar (BAB) sembarangan tersebut ternyata bisa menyebabkan kejadian fatal pada kesehatan. Salah satu penyakit yang rentan terjadi akibat prilaku buruk itu adalah diare.

Nazifah menghimbau masyarakat agar buang air pada tempatnya. Dengan PHBS berarti kita telah mendukung program unggulan Pemko Pariaman Water Front City, dimana kawasan sungai dan laut itu menjadi hadapan yang ditata kebersihannya.

Diharapkan dengan dilakukannya pelatihan ini para kader dan petugas bisa mensosialisasikan dan mengajak masyarakat agar paham apa itu PHBS. Kita berharap masyarakat paham bagaimana mempraktekkannya dalam di kehidupan sehari-hari, mulai dari diri sendiri, mulai dari keluarga sendiri kemudian baru kepada oranglain, kita harus menjadi contoh PHBS ini.

Related posts