Dinas LH Padang: Kesadaran Masyarakat Kunci Sukses Pengelolaan Sampah

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang mencanangkan “Padang Bagoro” yang perdananya dilakukan Kecamatan Padang Timur pada 17 Juli 2022.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mairizon saat memberikan paparan acara Diseminasi Informasi Diskominfo Padang di MC Balai Kota Padang, Kamis, (14/7/2022).

Read More

menegaskan kepada masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan Kota.

Poin utama dalam suksesnya pengelolaan sampah adalah kesadaran masyarakat akan lingkungan. Setelah itu, barulah partisipasi aktif untuk mengurangi, memanfaatkan kembali, serta mendaur ulang

Lanjutnya, Sampah yang dihasilkan masyarakt Padang 640 ton perhari , sampah yang sampai ke TPA hanya 500 ton mampir ke sungai dan sebagian singgah pemulung.
Program Padang Bagoro bagaimana kita merobah mindset pengelolaan sampah yang menjadi kewajiban setiap masyarkat, Sampah tidak hanya kewajiban masyarakat 50 betol diberikan ke pemerintah, dari TPS ke TPA di mana Padang Timur dijadikan pilot projek.
Lanjutnya, Kota Padang Kekurangan kontainer 38 buah, kontainer kurang karena keterbatasan anggaran.

“Optimalkanlah betol dengan iuran masyarakat agar menutupi beban operasional betol,” katanya.

Menurutnya, Pengelolaan sampah yang benar dimulai dari melakukan pemilahan sampah sesuai jenisnya. Sampah sudah dipilah akan dilakukan daur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali sehingga akan berdampak pada berkurangnya volume sampah yang menuju ke TPA.

Dia mengharapkan Kasi trantif yang berada di tiap kelurahan agar aktif mengawasi bak sampah di kelurahan masing-masing.

Related posts