Dinas Pangan Sediakan Uji Sampel Gratis di Pasar Raya Solok

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Khawatir dengan paparan cemaran bahan kimia jenis residu pestisida dan cemaran kimia lainya terhadap bahan pangan masyarakat ketika berbelanja kebutuhan pokok, seperti sayuran dan lainya, Dinas Pangan Kota Solok menyediakan tempat uji sample pangan secara gratis di Pasar Raya Solok.

Pengujian bahan pangan di Pasar Raya Solok dilaksanakan setiap hari Kamis minggu I (pertama) dan III (tiga) setiap bulannya. Mulai jam 09.00 s/d 12.00 WIB, diruangan Tera Pasar Raya Solok.

Read More

Kepala Dinas Pangan Kota Solok Kusnadi, Minggu (20/6/2021) dihubungi MinangkabauNews.com meminta konsumen yang ingin mengetahui kualitas belanjaannya bisa melakukan uji terhadap pangan yang dibeli secara gratis.

“Pengujian bahan pangan konsumen dilakukan secara cepat dengan menggunakan Rapid test kit. Hasilnya sudah dapat diketahui dalam waktu 5 sampai 10 menit,” ujarnya.

Lebih lanjut Kusnadi mengatakan kegiatan Pojok Uji Keamanan Pangan pada Minggu pertama untuk pengujian sayur dan buah. Minggu tiga pengujian terhadap ikan.

“Petugas Pojok Uji juga melakukan pengambilan sampel ikan dibeberapa titik pedagang. Hasilnya akan didapat pada hari itu juga,” katanya.

“Bagi sampel yang terdapat positif residu pestisida atau formalin disarankan kepada pengunjung agar mencuci sayuran, buah dan ikan tersebut dengan air mengalir supaya zat kimia yang terdapat menjadi bersih dan aman untuk dikonsumsi,” tambahnya.

Related posts