Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata GOA di Padang

  • Whatsapp
Pelatihan kepemanduan Wisata GOA di Hotel Kawana, Senin, (22/11).

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menggelar pelatihan kepemanduan Wisata GOA di Hotel Kawana, Senin, (22/11/2021).

Kasi Hubungan Kelembagaan Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Febriadi mengatakana pihaknya memfasilitasi pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pemandu wisata minat khusus wisata susur goa. Pelatihan sendiri digelar pada 22 sampai 24 November 2021 mendatang bertempat di Hotel Kawana Padang.

Read More

Dengan adanya kegiatan pelatihan pemandu wisata ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pemandu seputar goa sehingga nantinya pelayanan kepada wisatawan dapat dilakukan dengan cara terbaik.

“Harapannya dengan semakin baik kualitas pelayanan pemandu wisata sehingga dapat memberikan kesan baik kepada wisatawan kemudian wisatawan mau datang kembali,” imbuhnya

Kegiatan Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman di Bidang Pelayanan, Pemandu Wisata dan Pengetahuan dasar seputar Geowisata. Informasi yang diterima oleh peserta pelatihan yang digarapkan dapat diaplikasikan dilapangan.

Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial mengatakan Sumatera Barat memiliki banyak sekali tempat wisata alam minat khusus yang unik dan memiliki panorama tersendiri. Belakangan ini, pariwisata minat khusus baik susur goa maupun geowisata sendiri terus berkembang dan memiliki cukup banyak peminat.

Melihat potensi ini, kemudian memunculkan sejumlah kelompok yang berperan menjadi pemandu wisata baik susur goa maupun geowisata. Menyikapi hal ini, Dinas Pariwisata Sumbar kemudian membuka pelatihan bagi pemandu wisata goa.

Pelatihan ini diadakan dengan harapan nantinya wisatawan yang menggunakan jasa para pemandu bisa semakin aman dan nyaman saat berpetualang. Sehingga, jenis wisata minat khusus nantinya bisa menjadi primadona baru di Sumatera Barat.

Pelatihan semacam ini menjadi sangat penting dilakukan agar para pemandu wisata ini memiliki keahlian serta pengetahuan yang lebih tentang bidang yang mereka geluti. Kesiapan dan pengetahuan sumber daya manusia dalam hal ini sangat penting, sebab berkaitan dengan keselamatan, kepuasan, dan kenyamanan pengunjung.

“Penting bagi pemandu meyakinkan wisatawan soal safety, kebersihan, keramahan, informasi yang jelas dan SOP serta kesejukan di Goa,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan pelatihan pemandu wisata Goa ini juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Sumatera Barat. Sehingga akan berdampak pada peningkatannya PAD sektor wisata.

“Yang paling penting pemandu dapat memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan dan berdampak pada peningkatan kunjungan,” tuturnya.

Tambahnya, Pemandu memberikan pelatihan singkat, memperhatikan kondisi fisik pengunjung, bisa menceritan cerita tentang Goa. Kemudian memperhatikan peralatan dan perlengkapan susur goa dengan pola penyewaan kepada pengunjung dan memberi tahu apa yang tidak boleh dilakukan di Goa.

Related posts