Dinkes Berikan Vitamin A untuk Balita, Februari Hingga Agustus 2024

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Puskesmas akan memberikan Vitamin A dan Penimbangan Massal untuk anak bawah lima tahun (balita) se-Kota Padang Panjang pada Februari ini hingga Agustus mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinkes, dr. Faizah kepada minangkabaunews.com, Jumat (2/2/2024). Ia menyampaikan, Februari hingga Agustus ini juga dikenal dengan Bulan Vitamin A. Balita akan mendapatkan Vitamin A untuk bayi umur 6-11 bulan, kapsul biru (dosis 100.000 IU). Balita umur 12-59 bulan, kapsul merah (dosis 200.000 IU). Vitamin A kapsul merah juga diberikan pada ibu nifas.

Read More

“Guna mencegah penyakit yang disebabkan kekurangan Vitamin A, kami imbau kepada masyarakat yang memiliki balita agar membawa ke posyandu terdekat untuk mendapatkan Vitamin A secara gratis selama bulan Vitamin A ini,” ujarnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( Kesmas P2P), Rahmaisa, SKM menambahkan Vitamin A atau Retinol merupakan salah satu zat yang terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limpofit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeriftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Kekurangan Vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare,” tuturnya. (Edi Fatra/tia).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts