Direktur Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas Adakan MoU dengan Nagari Pauh Duo Nan Batigo Solok Selatan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN — Direktur Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas Dr. Eri Gas Ekaputra, MS menandatanganan MoU antara NDC Unand – Nagari Pauh duo nan batigo di Kantor Wali Nagari Pauh Duo Nan Batigo Solok Selatan, Selasa, (5/10/2021) .

Eri Gas mengatakan Program NCD sudah banyak berkegiatan salah satunya Nagari Tageh. Nagari tageh ini merupakan himbauan dari Presiden RI bapak Jokowi mengenai kampung tangguh nusantara. Dimana di tengah kondisi pendemi Covid-19 ini. Banyak daerah-daerah atau desa-desa yang memang terpengaruh oleh Covid-19 terutama banyaknya penurunan ekonomi, banyaknya pengangguran, banyaknya daerah-daerah yang memang pertumbuhan ekonominya mulai terganggu.

“Beranjak dengan no 6 th 2014 banyak peluang bagi dosen maupun mahasiswa untuk mengabdikan diri dengan terjun langsung ke nagari.Tujuan akhirnya adalah menciptakan nagari atau desa yang lebih mandiri dengan melakukan berbabagai pembaruannya di nagari tersebut,” ungkapnya.

Menurut Wali Nagari Pauh Duo Nan Batigo Edwardi, semoga nagari kita ini akan jadi percontohan bagi nagari lain. Nagari Tageh untuk Tumbuh Kembang Dengan Usaha Kopi, Perikanan, Peternakan Dan Wisata.

“Nagari tageh ini untuk tumbuh kembang dengan Usaha Kopi, Perikanan, Peternakan Dan Wisata Di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan meningkatkan kapasitas BUMNag dalam program nagari tageh di Nagari Pauh Duo Nan Batigo,” ujarnya, Selasa (5/10/2021).

Selain itu, kata Wali Nagari, adanya Nagari Tageh diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi. Nagari Tageh berarti nagari yang tangguh dan tahan banting, yakni nagari yang mampu beradaptasi dalam segala situasi terutama pandemi Covid-19 yang saat ini melanda, serta mampu pulih dengan segera dari dampak bencana. (Mj)

Related posts