Direktur RSAM: Bantu Saudara Kita Penderita Bibir Sumbing, Ini Akan Sangat Bantu Masa Depan Mereka

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi membuka secara resmi kegiatan operasi bibir sumbing gratis se Sumbar di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, Selasa (15/2/2022).

Ketua Panitia Pelaksana, Ns. Arfida Pepi, menyampaikan, kegiatan sosial operasi bibir sumbing dan langit langit gratis se Sumbar ini, diprakarsai oleh Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) IASMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi tersebut bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Sumbar, Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Masilofasial Indonesia (PABMI) Sumbar, Smile Train Indonesia dan RSAM Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi serta RSU Aisyiah Padang.

Read More

“Program operasi bibir sumbing ini, merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh TPK. Proses dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama untuk screening dan hari kedua proses operasinya. Dari 24 yang mendaftar se Sumatra Barat, 18 pasien yang dinyatakan kondisinya baik untuk dioperasi,” ujar Pepi.

Ketua IASMA 1 Landbouw Bukittinggi, Indra Januar menyampaikan, TPK merupakan salah satu tim resmi dari IASMA 1 Lanbouw Bukittinggi yang masuk dalam bidang V. Dimana, TPK bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

“Sudah banyak yang telah kita laksanakan dalam upaya aksi kemanusiaan. Ini yang pertama kali dilaksanakan, terkait operasi bibir sumbing. Alhamdulilah berjalan lancar dan sesuai rencana. Terima kasih seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” ucap Indra dalam pembukaannya melalui zoom meeting.

Direktur RSAM, drg. Busril, MPH dan juga alumni SMAN 1 Bukittinggi angkatan ’92, menyampaikan, banyak manfaat yang tentunya didapatkan berkat kerja keras bersama. Kegiatan yang dilaksanakan ini, merupakan gagasan IASMA 1 Bukittinggi dikolabirasikan dengan PDGI Sumbar, PABMI Sumbar, Smile Train Indonesia RSUD Dr Achmad Mochtar Bukittinggi dan RSU Aisyiah Padang.

“Dengan membantu anak-anak dan saudara kita yang menderita bibir sumbing, ini akan sangat membantu masa depan mereka. Kegiatan ini akan berkelanjutan, karena operasi ini merupakan rangkaian yang mesti dituntaskan,” tutur Busril.

Setelah bibir dari pasien, selanjutnya akan dilaksanakan operasi langit langit mereka. Pihaknya siap membangun citra RSAM menjadi rumah sakit rujukan terbaik di Sumatra Barat.

“Kami akan maksimalkan layanan dan berkomitmen ingin memberikan yang terbaik serta menjadi rumah sakit pilihan masyarakat,” terang Direktur RSAM Bukittinggi itu.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, dan juga merupakan alumni SMA 1 Bukittinggi angkatan ’86, mengapresiasi kegiatan sosial operasi bibir sumbing tersebut. Pelaksanaannya tidak hanya warga Bukittinggi, tapi TPK mengajak warga seluruh Sumatra Barat untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan operasi bibir sumbing ini. Semoga semua berjalan lancar. Semoga alumni SMAN 1 Bukittinggi semakin kompak,” ucap Gubernur.

Related posts