Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Buka MTQ ke-39 Tingkat Provinsi Sumatra Barat

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Menteri Agama RI yang diwakili Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamaruddin Amin, buka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Sumatra Barat ke-39 Tahun 2021 di GOR Khatib Sulaiman, Banca Laweh, Padang Panjang, Sabtu (13/11/2021) malam.

MTQ Tingkat Prov. Sumatera Barat ke-39 diikuti sebanyak 1.159 peserta dari 19 Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat, dan akan berlangsung hingga 19 November 2021 mendatang.

Read More

Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin, dalam sambutannya mengatakan penyelenggaran kegiatan MTQ dapat menghasilkan insan yang berkualitas, yaitu manusia yang berprilaku, bekerja, dan bermasyarakat, serta senantiasa condong kepada jalan yang lurus.

“Menjadi insan yang tidak hanya berbuat baik bagi dirinya sendiri, tapi juga mentransfer perbuatan baik tersebut kepada orang lain,” kata Kamaruddin.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya mengajak masyarakat agar senantiasa melakukan refleksi diri dengan berzikir dan bertafakur, membangun akhlak, serta membaca, memahami, mengamalkan dan mendakwahkan ajaran agama Islam.

“Diharapkan acara ini bukan hanya sebagai seremonial saja, melainkan juga untuk memiliki akhlak yang sesuai dengan Al-Qur’an,” harap Mahyeldi.

“Sejatinya, MTQ ini dapat meningkatkan peradaban (yang) ditandai dengan perubahan pola pikir yang Islami,” sambungnya.

Wako Erman Safar melalui Kepala Bagian Kesra, Eryanson, yang juga selaku Ketua II Kafilah MTQ Kota Bukittinggi, menjelaskan kafilah Kota Bukittinggi optimis untuk mendulang prestasi dalam MTQ ke-39 Tingkat Prov. Sumatera Barat Tahun 2021 ini.

“Alhamdulillah, kafilah Kota Bukittinggi semuanya berada dalam keadaan sehat. Kami semua termotivasi untuk memberikan yang terbaik serta meraih prestasi dalam MTQ ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan doa serta dukungan dari warga masyarakat Kota Bukittinggi,” jelas Eryanson.

Pada MTQ ke-39 Tingkat Prov. Sumatera Barat Tahun 2021, kafilah Kota Bukittinggi berjumlah sebanyak 90 orang, dengan jumlah peserta yang mengikuti cabang lomba sebanyak 59 orang. Cabang lomba yang diikuti kafilah Kota Bukittinggi dengan berbagai kategori antara lain, Tilawah, Qira’at, Tartil, Tafsir, Khat, hingga cabang Bintang Qasidah.

Related posts