Disaksikan Wako Solok Jokowi Serahkan DIPA dan TKDD Tahun 2022 Kementerian dan Lembaga Negara

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Disaksikan Walikota Solok Zul Elfian Umar dengan didampingi Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful, A, dan Asisten Bidang Administrasi Umum Marwis, Presiden Republik Indonesia Jokowi Dodo serahkan DIPA dan TKDD Kementerian dan lembaga negara.

Penyerahan DIPA dan TKDD tersebut dilakukan secara virtual, Senin (29/11/2021) di ruang rapat Walikota Solok Balaikota Solok.

Read More

DIPA atau Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran.

Pengguna Anggaran atau Kuasa Pengguna Anggaran adalah pejabat pemegang kewenangan penggunaan anggaran Kementerian Negara atau Lembaga negara. Termasuk didalamnya Gubernur, Bupati dan Walikota.

Sementara, TKDD atau Transfer ke Daerah dan Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang dialokasikan kepada daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi. Dana TKDD tersebut terdiri dari Dana Perimbangan dan Dana Otonomi Khusus dan Penyesuaian.

TKDD ini bagian dari Belanja Negara dalam rangka mendanai pelaksanaan desentralisasi fiskal. TKDD terdiri dari Dana Perimbangan, Dana Insentif Daerah (DID), Dana Otonomi Khusus (Otsus), dan Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta serta Dana Desa.

Related posts