Disdikbud Kota Bukittinggi Susun Program Kebudayaan Beri Edukasi pada Masyarakat

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi menyusun program-program kebudayaan dalam rangka memberi pendidikan kepada masyarakat umum.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Bukittinggi Mul Akhyar menyampaikan, kegiatan ini nantinya akan dilakukan dalam bentuk seminar, cerdas cermat, bertutur.

“Kegiatan ini nantinya, kita akan melibatkan Asosiasi Permusiuman Indonesia(AMI) Sumbar dan Ahli Permusiuman se Sumatra Barat,” jelas Mul Akhyar kepada Minangkabaunewscom, Selasa (28/6/2022).

Mul Akhyar mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan ini nantinya dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) non fisik.

“Selama ini kebudayaan itu seperti hilang ditelan awan, sebetulnya untuk mendapaki perkembangan zaman saat ini, kita kembali meninjau kebelakang, bagaimana gaya kita dulu dan bagaimana budaya kita saat ini. Artinya adaik dipakai baru, baju dipakai usang, itu adalah perjalanan budaya, perjalanan sebuah permuseuman,” ungkapnya.

Mul Akhyar memaparkan, Museum itu ada namanya tegible dan integible isinya. Ia menjelaskan, Tegible itu peningalan sejarah manusia sedangkan integible itu semacam warisan budaya berupa tak benda itu ada di Museum tapi jarang diaktifkan.

“Sebetulnya di Museum Rumah Adat Nan Baanjuang itu, ada tarian- tarian tradisional, ada pakaian yang dipakai petugas dengan gaya tradisi yang dulu. Artinya itu kita dilanjutkan sekarang,” paparnya.

Pihaknya berharap dari tingkat manusia yang paling kecil sampai yang paling tua, belajarlah kembali ke museum, supaya kita mengenang, bagaimana perjalanan umat manusia.

“Sebagai orang Minang kita tahu, bagaimana adat istiadat, bagaimana pola hidup orang minang dahulunya dan bagaimana perkembangan sampai saat ini, kita akan bisa membandingkan sehingga kita banyak tau bahwa dalam pepatah minang, jalan diasak urang lalu, cupak dialiah urang panggaleh,” pungkasnya.

Related posts