Diskominfo Kota Padang Gelar FGD Penyelenggaraan Statistik Sektoral

  • Whatsapp
Pembinaan dan Focus Group Discussion (FGD) penyelenggaraan Statistik Data Sektoral bagi OPD di Hotel Truntum Padang.

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Dinas Komunikasi Informasi Kota Padang menggelar pembinaan dan Focus Group Discussion (FGD) penyelenggaraan Statistik Data Sektoral bagi OPD di Hotel Truntum Padang, Rabu (3/11/2021).

“Sinkronisasi data kota Padang bukanlah tugas BPS dan DISKOMINFO semata, melainkan tanggung jawab kita semua baik pemerintah daerah maupun instansi lainya yang terkait. Maka data tersebut harus sinkron dalam penyusunannya agar perencanaan pembangunan lebih terarah,” ucap Asisten Administrasi Umum Didi Haryadi saat buka FGD di Hotel Truntum.

Read More

Katanya, Statistik sektoral yang akhir-akhir ini sering terdengar seiring kebutuhan akan data yang terus meningkat dan sangat dibutuhkan terhadap kegunaannya. Dukungan ketersediaan data statistik yang berkualitas menjadi hal utama dalam perumusan kebijakan pembangunan, alat kontrol/monitoring terhadap implementasi perencanaan pembangunan Kota Padang. Hal ini berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, statistik merupakan salah satu urusan Pemerintah. Penyelenggaraan urusan statistik ini mengacu pada Undang-Undang no 16 tahun 1997 tentang Statistik.

“Saya berharap dengan kegiatan ini kita bisa memadu padukan data-data yang ada di OPD. Sinergi pengelolaan data ini harus kita akui sebagai kerjasama semua pihak, mulai dari tingkat bawah, pemerintahan kelurahan, kecamatan hingga atas,” tegasnya.

FGD yang dilakukan di Kota Padang ini juga diharapkan bisa menghadirkan data yang berkualitas. Masyarakat juga bisa berpartisipasi mengontrol data-data statistik tersebut.

“Saya berharap kepada para peserta FGD agar memanfaatkan momen acara ini untuk dapat menggali sebanyak-banyaknya informasi terkait statistik sektoral yang dijadikan dasar perencanaan pembangunan daerah. Karena hal ini nantinya akan sangat membantu kita dalam menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah dibagipakaikan antar OPD,” tuturnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Padang, Rudi Rinaldi menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini agar setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang bisa mengentry data sendiri melalui aplikasi Satu Data Kota Padang agar satu data Indonesia bisa tercapai.

Diharapkan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan bisa menambah pengetahuan/wawasan sehingga bisa bermanfaat untuk diterapkan di lingkungan kantor masing-masing.

Related posts