Dispangtan Gelar Lomba Masak Serba Ikan, Untuk Menuju Generasi Bebas Stunting

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggelar Lomba Masak Serba Ikan, Bertemakan “Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul Menuju Generasi Bebas Stunting”,di Aula Balai Benih Ikan (BBI).Rabu (26/7/2023).

Diikuti kader TP-PKK kelurahan se-Kota Padang Panjang, banyak inovasi dan kreasi memasak ditampilkan. Terdiri dari tiga menu di antaranya Menu Balita, Menu Keluarga dan Menu Kudapan.

Read More

Dibuka Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP yang juga berperan sebagai juri bersama perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Ida Trisnini, S.H, Ahli Gizi Dinas Kesehatan Kota, Mella Yosika, SKM.

Pada sambutannya dokter Dian menyampaikan, untuk mencegah stunting salah satu yang harus dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang bergizi. Tidak hanya untuk anaknya saja, namun juga untuk ibu dan calon ibu, seperti Omega 3 yang ada pada ikan.

“Dari kegiatan ini kita bisa berkreasi dan berinovasi mengolah makanan yang terbuat dari bahan baku ikan. Bagaimana kita kreasikan bisa membuat si anak gemar memakan ikan, begitu juga untuk keluarga,” ujar Dian.

Sementara itu Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas, M.P mengatakan, angka konsumsi ikan di Padang Panjang masih berada pada nilai sebesar 41,84kg/kapita/tahun. Angka ini menunjukkan masyarakat mengonsumsi ikan sebanyak 113 gram per hari. Ini perlu ditingkatkan untuk memenuhi target nasional sebesar 61,02 kg/kapita/tahun.

“Untuk meningkatkan minat serta inovasi ibu-ibu rumah tangga terutama kader PKK dalam menciptakan menu berbahan dasar ikan, maka Forikan Padang Panjang bekerja sama dengan Dispangtan mengadakan lomba ini. Diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengolah ikan, serta dapat menjadi agen peningkatan konsumsi ikan di lingkungan sekitarnya,” tutur Ade.(Edi Fatra/tia).

Related posts