Dispar Sumbar Gelar Bimtek Sadar Wisata bagi 130 Pelaku Ekraf Pasaman-Pasaman Barat

  • Whatsapp
Bimtek sadar wisata sub kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata sebanyak 130 pengelolah obyek wisata di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat di Hotel Truntum, Rabu, (13/10)

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menggelar bimbingan tekhnis sadar wisata sub kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata sebanyak 130 pengelolah obyek wisata di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat di Hotel Truntum, Rabu, (13/10/2021).

Kasi Hubungan Kelembagaan, Febriadi mengatakan Bimtek diadakan dengan tujuan untuk sosialisasi dan pembekalan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) untuk mengelola desa wisata, dalam hal Adaptasi Kebiasaan baru (AKB) di tengah pandemi Covid-19. Materi meliputi sadar wisata, sapta pesona, Clean Healt Safety and Environment (CHSE), pelayanan prima, dan potensi produk wisata agar dapat diterapkan dalam pengembangan desa wisata terkait.

Read More

Lanjutnya, kegiatan dihelat selama dua hari. Hari Kedua kunjungan ke negeri atas awan Aur Serumpun di Kabupaten Tanah Datar.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Novrial mengatakan siapapun yang berusaha di obyek wisata, baik itu yang mengelolah kuliner, pengrajin dan penjual makanan minuman di obyek wisata dianggap sebagai pendukung usaha ekonomi kreatif. Kedua, ebagai orang yang mendukung wali nagari/jorong berkontribusi memajukan ekonomi kreatif. Kemudian komponen ketiga para influencer kaum milenial yang menggaungkan obyek wisata di media sosial. Ketiga komponen ini harus berkolaborasi dalam memajukan destinasi di daerahnya masing-masing.

Kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan pariwisata di daerahnya dan menjadi penggerak ekonomi.

“Diharapkan dapat mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di obyek wisata dapat lebih berkembang, meningkatkan kapasitas masyarakat dan pengelola desa wisata, serta mengembangkan kreativitas dalam menciptakan konten kreatif. Sehingga dapat meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan. Menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Narasumber Anggota DPRD Sumbar Dolizar, Kadis Pariwisata Sumbar Novrial, kepala Pokdarwis Cahyadi dan Riki Putra Sinaro.

Related posts