Diusung Masyarakat, Dukungan ‘4 Jari’ Buat Yose Ade Yanto Bergema di Nagari Simalanggang

Puluhan masyarakat Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, menyatakan dukungan dengan simbol '4 jari' kepada salah satu kandidat calon wali nagari, Yose Ade Yanto. (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Pesta demokrasi pemilihan wali nagari serentak di Kabupaten Limapuluh Kota ternyata tidak kalah menarik dibanding ajang perhelatan Pilkada dan Pileg. Betapa tidak, prosesi pemilihan calon pemimpin nagari tahun 2022 ini ternyata juga cukup menyedot animo serta antusiasme masyarakat.

Seperti halnya kondisi pra-pemilihan di Nagari Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh. Sejumlah masyarakat nagari setempat pun mulai antusias menjagokan bakal calon yang ingin mereka usung. Sebab, kepercayaan untuk calon pemimpin nagari diharapkan mampu membawa peruabahan untuk nagarinya ke arah yang lebih baik.

Read More

Adalah salah satu kandidat wali nagari, Yose Ade Yanto, S.Kom, yang terpantau cukup ramai memperoleh dukungan. Kepada media ini, Yose yang juga akrab disapa Oce, mengaku sangat bersyukur atas antusias mendapat dukungan dari berbagai kalangan masyarakat atas pencalonan dirinya sebagai calon wali nagari.

Alhamdulillah, dengan semangat Basamo Kito Bangun Nagari Simalanggang tentunya saya bersyukur atas kepercayaan segenap masyarakat Simalanggang yang telah mengusung dan mencalonkan saya sebagai kandidat bakal calon wali nagari,” kata Yose, kepada Minangkabaunews.com di Payakumbuh, Sabtu (14/5).

Yose yang sudah ditetapkan oleh panitia pemilihan calon wali nagari sebagai calon dengan nomor urut 4, dengan bahasa yang menarik memastikan bahwa ‘nomor ompek pilihan nan paliang topek’ tidak hanya sekedar semboyan belaka semata.

Karena, menurut tokoh pemuda yang dikenal selalu ramah kepada semua kalangan ini, dirinya maju dengan membawa visi dan misi serta harapan baru untuk menuju kebangkitan nagari Simalanggang ke depan yang lebih baik.

Dukungan itu terlihat disela-sela dirinya menghadiri kegiatan gotong-royong bersama masyarakat dan petani Kayu Sijodun Balai Rupih, Sabtu siang. Disana, Yose disambut antusias puluhan warga sambil mengacungkan simbol ‘4 jari’ secara beramai-ramai.

Keakraban Yose semakin terlihat ketika ia berbaur dengan masyarakat. Yose yang merupakan tenaga ahli DPRD Kabupaten Limapuluh Kota ini menyebut, yang menjadi kunci utama dalam suatu pembangunan adalah kebersamaan dan persatuan.

“Makanya tekad ini saya kemukakan melalui sebuah visi yaitu ‘Terwujudnya nagari Simalanggang yang bersatu, berkeadilan dan bermartabat menuju kesejahteraan serta kebangkitan nagari yang berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah,” sebutnya.

Dalam kesempatan goro, salah seorang tokoh masyarakat, Kennedy sempat mengisyaratkan narasi dukungan, dengan menyebut jika para petani sudah sepakat mendukung penuh dan mengantarkan Yose Ade Yanto nomor urut 4 menjadi wali nagari Simalanggang.

“Semoga nanti tanggal 25 Mei tapiliah, Yose, nomor urut ompek,” serunya sambil mengepalkan 4 jari. Pernyataan tersebut kemudian diaminkan oleh, Fuadi Salman bersama seluruh warga yang hadir.

Seperti diketahui, Yose merupakan Alumni Madrasah serta terlahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga Qori-Qori’ah serta sangat dekat dengan masjid. Dirinya mengajak semua masyarakat bersama-sama menyemangati Pilwanag Simalanggang dengan cara santun dan badunsanak.

Yose mengajak seluruh calon maupun masyarakat untuk berkompetisi dengan silaturrahmi, serta sama-sama kita jaga ucapan atau tutur kata, agar tidak sampai menyinggung calon atau saudara yang lain. Karena, menurutnya, dari semua calon yang tampil merupakan putra terbaik nagari Simalanggang.

“Karena kita tahu dari 4 golongan muslim yang dirindukan syurga adalah termasuk yang menjaga lisannya. Kita berdoa semoga dengan bersama-sama memilih nomor 4, kita bisa mewujudkan harapan bagi nagari Simalanggang ke depan lebih baik,” harap Yose. (akg)

Related posts