DPK Bersama Bunda Literasi Kota Gelar Berbagai Lomba

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Untuk budayakan gemar membaca dan pengembang an literasi, baik di kecamatan dan kelurahan, Bunda Literasi Kota Padang Panjang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) menggelar berbagai perlombaan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (2/8/2022).

Perlombaan yang dilaksanakan selama tiga hari, 2-4 Agustus ini melaksanakan tiga perlombaan. Di antaranya Lomba Bercerita oleh Kader Bunda Literasi Utusan Bunda Literasi Kelurahan, Lomba Puisi Tingkat SMP, dan Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/TK dengan utusan sebanyak empat orang masing-masing kelurahan.

Read More

Bunda Literasi Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP saat membuka kegiatan ini mengatakan, tantangan teknologi saat ini membuat penanaman kegemaran dan budaya literasi menjadi cukup berat. Oleh karena itu dibutuhkan hadirnya Bunda Literasi sebagai sosok ibu yang menjadi teladan di keluarga dan masyarakat sekitar.

“Peran Bunda Literasi sama seperti seorang ibu dalam keluarga. Sosok ibu ini akan menjadi peran sentral dalam memberi contoh kepada anak guna membangun karakter anak sebagai generasi penerus. Kami berharap Bunda Literasi bisa menjadi motivator bagi seluruh stakeholder di kecamatan maupun kelurahan,” ujarnya.

Selain membudayakan gemar membaca, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan peran Bunda Literasi sekaligus menumbuhkan minat baca dan mengasah kepercayaan diri kader Bunda Literasi dan pelajar, termasuk kemampuan untuk mengembangkan ide, mengemukakan pendapat dan kesanggupan untuk mendengarkan ide dan pemikiran orang lain.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, Bunda Literasi Kecamatan dan Kelurahan bisa menjadi panutan sekaligus contoh untuk masyarakat sekitar agar gemar membaca dan bisa menghasilkan sesuatu bernilai ekonomi dari hasil bacaannya,” tutur Kepala DPK, Yan Kas Bari, S.E saat menyampaikan laporan kegiatan. (Edi Fatra/tia).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts