DPPKB Gelar Kegiatan Penguatan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PARIAMAN – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman gelar Kegiatan Penguatan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas (KB), Sekaligus Launching Dashat Serentak Kabupaten Padang Pariaman yang di buka oleh Asisten III Fakhriati, S.Sos, MM, bertempat di ruang rapat Bappelitbangda di kawasan Ibu Kota Kabupaten Nagari Paritmalintang Kecamatan Enam Lingkung, Senin (23/05/2022).

Pada kesempatan itu, mewakili Kepala Dinas Sekretaris DPPKB Sri Nelis, SKM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Elni Sari, SKM, M.Kes melaporkan bahwa Kabupaten Padang Pariaman memiliki 22 Kampung KB yang tersebar di 17 kecamatan. Pembentukannya sudah dimulai sejak tahun 2016 yang lalu.

“Terakhir pembentukan ditahun 2018 yang lalu 4 Kampung KB, sampai saat ini sudah berjumlah 22 Kampung KB,” sebutnya.

Kemudian Sri Nelis juga menyampaikan, bahwa Kegiatan Penguatan Kemitraan Kampung KB ini terkait pembentukan Kampung KB baru diseluruh nagari dalam rangka mengintegrasikan program Bangga Kencana dengan program lainya di Kampung KB dan terlaksananya konvergensi, integrasi program lainya.

“Diharapkan dari kegiatan ini terbentuknya Kampung KB disetiap nagari di Padang Pariaman,” harapnya.

Senada dengan itu, Fakhriati dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat menyambut baik kegiatan FGD ini.

Dia menyebut, kegiatan Penguatan Kemitraan Kampung KB ini untuk Fasilitasi Intensifikasi dan Ekstensifikasi Bangga Kencana yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas secara menyeluruh.

“Kampung KB merupakan program yang terintegrasi lintas OPD, untuk membangun itu sangat dibutuhkan intervensi program dari lintas sektor,” sebutnya.

Selanjutnya Fakhriati mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas PPKB dan jajaran yang telah memfasilitasi kegiatan FGF ini. Dan dia juga mengapresiasi Kepala OPD atau yang mewakili, TP PkK dan Kemenag, telah bersedia hadir.

“Mari kita bersamakan untuk mrwujudkan Padang Pariaman Berjaya melalui Penanganan Stunting dan mengupayakan keluarga yang berkualitas,” pungkasnya.

Kegiatan penguatan kemitraan Kampung KB ini di kemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) dengan menghadirkan 20 orang peserta utusan dari Perangkat Daerah terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Tim Penggerak PKK dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam FGD Kegiatan Penguatan Kemitraan Kampung KB ini menghadirkan narasumber Sekretaris Koalisi Kependudukan Sumatera Barat Mahdi, Ph.D, dengan materi Konvergensi Kegiatan Lintas Sektor di Kampung KB. Pemateri kedua Dra. Desra, MM perwakilan BKKBN Sumatera Barat, materi yang disampaikan adalah Kebijakan dan Pengelolaan Kampung KB.(*)

Related posts