dr. Mardenova, Sp.B: Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat dapat Hindari Kanker

  • Whatsapp
dr. Mardenova, Sp.B (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG — dr. Mardenova, Sp.B, spesialis bedah di RSUD Kota Padang Panjang, Jumat (4/2/2022). Menjelaskan, kanker (tumor ganas) adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel  abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh.

“Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel tubuh yang normal,” katanya.

Read More

Disampaikannya, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2020 kanker penyebab kematian terbesar kedua setelah penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah). Di Indonesia, kanker yang terbanyak adalah kanker payudara, diikuti kanker servik (leher rahim) dan ketiga kanker paru.

“Gejala kanker sering tidak terlihat pada stadium awal. Kebanyakan pasien baru berobat setelah berada pada stadium lanjut. Gejala bervariasi, tergantung lokasinya. Secara umum, gejalanya munculnya benjolan, penurunan berat badan secara drastis, pucat lemas dan gampang lelah,” jelasnya.

Adapun pencegahannya, menurut dokter bedah, antara lain dengan cek kesehatan berkala. Terutama yang punya faktor risiko seperti ada riwayat keluarga yang menderita kanker, konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, hindari merokok dan konsumsi alkohol, serta kelola faktor stres.

Selain itu, jelasnya lagi, penyakit kanker bisa dicegah dengan melakukan deteksi dini kanker. Seperti pada kanker payudara, dengan periksa payudara sendiri (Sadari) dan pemeriksaan Pap Smear pada kanker servik. terangnya. (Edi Fatra /des).

Related posts