Dua Sekolah Di Pesisir Selatan Berhasil Mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri Dan Nasional

PAINAN – Dua sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata tahun 2022.

 

Dua sekolah itu diantaranya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Painan, berupa penghargaan Adiwiyata Mandiri, dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Ranah Pesisir berupa Adiwiyata Nasional.

 

Penyerahan penghargaan Adiwiyata Mandiri itu, dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong, Kamis (1/12) di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta, kepada Kepala SMAN 3 Painan, Muslim Arif, dengan didampingi Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, dan Kepala Dinas Perkimtan LH Pessel, Mukhridal, serta para pejabat eselon III lainnya dari Pemkab Pessel.

 

Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri yang diraih SMAN 3 Painan itu ditetapkan dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK. 1177/MENLHK/P2SDM/SDM 2/2022.

 

Sedangkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional yang diraih oleh SMPN 3 Ranah Pesisir, berdasarkan pula kepada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK. 1176/MENLHK/P2SDM/SDM 2/2022.

 

Sementara penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional yang diraih oleh SMPN 3 Ranah Pesisir dilakukan pula secara on line kepada Kepala SMPN 3 Ranah Pesisir, Nedi Putra.

 

Terdapat 94 sekolah yang ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, dan 305 sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional di tahun 2022 ini.

 

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar berharap sekolah-sekolah yang telah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata baik itu Sekolah Adiwiyata Mandiri, Nasional, Provinsi, dan Kabupaten agar tidak berhenti di penghargaan itu saja.

 

Penghargaan yang diraih itu merupakan upaya pembinaan yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pessel melalui Dinas Perumahan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (Perkimtan dan LH) selama ini.

 

“Saya berharap agar prestasi ini dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depan. Kemudian sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata Nasional di Pessel, hendaknya bertambah setiap tahun,” harap bupati.

 

Lebih lanjut dikatakan, untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, maka ke depan harus dilakukan pembinaan secara maksimal terhadap sekolah yang ada.

 

Kepada perangkat daerah terkait diminta terus fokus melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah yang ada menuju kategori Sekolah Adiwiyata.

 

“Karena untuk mencapai prestasi tersebut memang butuh kerja keras serta dukungan dari seluruh perangkat daerah, stakeholder dan elemen masyarakat,” ujarnya.

Related posts