Dua Simpul Pemuda Kotobaru Simalanggang PRIMUDA dan PRISMA Bantu Korban Terdampak Kebakaran

  • Whatsapp
Dua simpul pemuda yakni PRIMUDA dan PRISMA di Nagari Kotobaru Simalanggang lakukan aksi sosial penggalangan donasi untuk korban kebakaran. (Foto: Anjas Surya for MKN)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Peristiwa musibah kebakaran yang terjadi di Jorong Koto Baru, Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, beberapa waktu lalu berdampak kerugian materil cukup besar dialami korban.

Sebab, hampir seluruh isi bangunan mulai dari perabotan, hingga barang-barang berharga lain dipastikan ludes dilalap api. Kondisi tersebut ternyata menarik simpati kalangan pemuda-pemudi setempat, hingga akhirnya mereka secara spontan menggagas upaya gerakan peduli.

Read More

“Kita sangat merasakan kesulitan yang dialami Pak Musni bersama keluarganya, sehingga sejak peristiwa kebakaran menimpa keluarga tersebut kita langsung melakukan aksi penggalangan donasi,” sebut Ketua Persatuan Remaja Islam Mushalla Al-Huda (PRIMUDA) Nagari Kotobaru Simalanggang, Anjas Surya, dikonfirmasi MKN, Minggu (26/6).

Dua simpul pemuda Jorong Koto Baru yakni PRIMUDA dan PRISMA berinisiatif membentuk gerakan kolaborasi penggalangan dana guna meringankan beban Pak Musni. Mereka bahkan sempat melakukan aksi turun ke jalan, untuk menghimpun donasi bantuan bagi Pak Musni dan keluarga.

Di lapangan, puluhan pemuda dan pemudi tersebut bergerak mengumpulkan sumbangan dengan menggunakan kotak kardus. Bantuan yang dihimpun dari warga ataupun masyarakat yang melewati jalan di Jorong Koto Baru, kemudian dialokasikan kepada korban kebakaran.

Anjas menyebut, kegiatan itu merupakan usaha yang dilakukan para pemuda-pemudi semampunya sebagai penyalur bantuan masyarakat. Ke depan, mereka mengaku sangat mengharapkan support dan kerjasama dari pemerintah nagari setempat.

“Terlebih tidak lama lagi wali nagari baru akan dilantik yaitu tanggal 1 Juli 2022 ini. Kita berharap, bisa bersinergi demi jalannya kegiatan-kegiatan positif seperti aksi sosial, dengan tujuan terbangunnya karakter pemuda,” sebutnya.

Terpisah, Rezki Yuanda Putra, wali nagari Kotobaru Simalanggang terpilih, mengaku dirinya bakal terus memberi support terhadap kegiatan sosial yang dilakukan kalangan pemuda-pemudi Nagari Kotobaru Simalanggang.

Hal tersebut, menurutnya sekaligus bisa menjadi proses pembelajaran demi terbangunnya rasa empati di masyarakat. Rezki menyebut sangat mengapresiasi kepedulian para pemuda di Jorong Koto Baru yang sangat proaktif membantu korban tertimpa musibah kebakaran.

“Tentunya kita support, terutama seluruh kalangan pemuda dan pemudi yang aktif terlibat dalam aksi ini. Harapan kita kegiatan seperti ini bisa terus dibangun serta terus ditingkatkan oleh pemuda-pemudi, yang mana mereka adalah para generasi penerus di masa yang akan datang,” dukungnya. (akg)

Related posts