Dukcapil se-Sumbar Ikuti Zoom Meeting Pencanangan Administrasi Kependudukan di Solok Selatan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Bupati Solok Selatan, H Khairunas Bersama Kepala Dinas Dukcapil se-Sumatera Barat mengikuti kegiatan Pencanangan Gerakan Bersama Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas se-Sumatera, secara daring di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis (14/04/2022).

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh pada kesempatan itu menyebut Kinerja Disdukcapil diukur dengan capaian terhadap 10 indikator. Dia mengapresiasi 4 provinsi yang telah mencapai Level 4, Level Terbaik yaitu Sumatera Barat, Lampung, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Read More

Untuk diketahui, 10 indikator dalam mengukur kinerja Dukcapil dalam meberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat terdiri dari perekaman KTP-el 99,3%, Kepemilikan KIA 40%, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan, Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada 18 dokumen, Layanan Adminduk Secara Online, Pelayanan Terintegrasi, Kepemilikan Akta Kelahiran 97%, Perjanjian Kerja Sama (PKS), Akses Pemanfaatan Data dan Penggunaan Buku Pokok Pemakaman.

“Untuk itu, melalui Gerakan Bersama Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas se-Sumatera di Lampung, bahwa kegiatan Pencatatan, perekaman, dokumen kependudukan bagi penyandang disabilitas ini menjadi momen untuk memperbaiki data pencatatan bagi penyandang disabilitas,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia mengatakan untuk menjamin inovasi transformasi program inklusif bisa berjalan dan meningkat di tengah pandemi COVID-19 ada sejumlah hal yang harus dilakukan salah satunya kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

“Selama ini data penyandang disabilitas masih berupa estimasi, karena banyak penyandang disabilitas yang kesulitan dalam pelaksanaan pencatatan dokumen kependudukan,” tutur Angkie.

Turut hadir Wakil Bupati Solok Selatan H Yulian Efi, Sekdakab, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari dan Perangkat Wali Nagari. (rls)

Related posts