Dukung Ekonomi Warga Binaan, Babinsa Koramil 03 Motivasi Penjual Kue

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Ditengah kesibukannya dalam bertugas, Babinsa Koramil 03 Sioban Serda Subroto melakukan kegiatan pemberdayaan prajurit kue bolu kukus yang dapat dipasarkan di tengah masyarakat luas.

Adapun kegiatan ini dilakukan di
sebuah rumah warga binaan bapak Zakarinus Samalinggai di Desa Sipora Jaya Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Hal yang pertama dalam pembuatan kue bolu kukus ini, Babinsa Koramil 03 Serda Subroto mengatakan, kita harus menyiapkan 250 gram gula pasir, 2 butir telur, 250 tepung terigu protein rendah, 50 gram tepung mentega ayak bersama terigu,200ml santan dalam kemasan 1/4sdt vanila,2sdm pasta coklat atau pandan (sesuai selera).

Babinsa menjelaskan, bagaimana cara membuat kue kukus yang lezat sehingga disukai oleh masyarakat luas, hal yang pertama dilakukan adalah kocok gula pasir dan telur dengan mixer sekitar 15 menit setelah mengembang masukan vanili yang sudah disiapkan, masukan santan dan tepung secara bergantian sambil terus diaduk. Lalu ambil adonan beri pasta coklat atau pandan lalu taruh dalam plastik segitiga, isi adonan kedalam adonan putih kedalam cetakan, tapi cukup setegah jam saja.

Kemudian semprot pula adonan bewarna ke dalam adonan putih cetakan, panaskan kukusan, kukus adonan dengan api besar selama 10-15 menit angkat dan hidangkan.

“Harga 1 buah bolu kue kukus ini seharga Rp 2000, dalam pengukusan dapat mencapai 300 buah kue bolu kukus, kue itu sendiri dapat dipasarkan diwarung warung wilayah Desa setempat”, ujar Babinsa, Jumat (06/04/2022).

Dengan kegiatan pemberdayaan prajurit pembuatan bolu kukus ini, sehingga keluarga Bapak Zakarinus Samalinggai dapat terbantu dalam perekonomiannya. (Tirman/Pendim)

Related posts