Dukung Kebijakan Merdeka Belajar, 116 Pendidik PAUD Sijunjung Tingkatkan Kompentensi Pemahaman Pendidikan Paradigma Baru

  • Whatsapp

Sijunjung, MinangkabauNews.com – Sebanyak 116 orang pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Kecamatan Kupitan, Koto VII, dan Sumpur Kudus telah aktif mengikuti Bimbingan Teknis peningkatan kompetensi tentang pemahaman pendidikan paradigma baru. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kebijakan merdeka belajar yang dijalankan di Kabupaten Sijunjung tahun ini.

Bimbingan teknis ini berlangsung selama tiga hari di Basko Hotel Padang dan didanai melalui dana aspirasi dari Anggota DPRD, Yusnidarti. Acara tersebut dimulai sejak tanggal 28 hingga 30 Juli 2023.

Read More

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan acara ini melalui Bidang PAUD dan Pendidikan Nonformal (PNF). Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Yusnidarti, serta Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa. Turut hadir pula Plh Kepala Dinas Pendidikan, Usman Gumanti, S.Pd, MM, dan Kasi Kurikulum dan Penilaian PAUD, Delvianti Basri, SE, M.Pd.

Dalam sambutannya, Yusnidarti memberikan apresiasi dan rasa bangga atas dedikasi luar biasa para tenaga pendidik PAUD dalam melaksanakan tugas mereka. Beliau menekankan pentingnya peran pendidik PAUD dalam membentuk pondasi yang kuat bagi balita, karena pengajaran yang tepat pada usia dini akan membawa dampak positif pada pendidikan selanjutnya hingga masa dewasa.

Ia juga menyampaikan bahwa sangat mendukung penuh terselenggaranya kegiatan bimtek peningkatan kompetensi  PAUD tentang pemahaman pendidikan paradigma baru dalam mendukung kebijakan merdeka belajar di Kabupaten Sijunjung.

“Oleh karena itu kami dari DPRD sangat mendukung sekali terlaksananya Bintek ini dan mendorong agar kegiatan ini berjalan 1dengan baik dan lancar agar tumbuh kembang anak terjaga sampai mereka dewasa bahkan terhindar dari masalah stunting mendaknya,”harap Yusnidarti, Anggota DPRD dari Partai Golkar tersebut.

Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Anggota DPRD, Yusnidari yang telah membantu memperhatikan tendik paud dengan memberikan bantuan dari dana aspirasinya sehingga kegiatan Bimtek ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar

Kepada  peserta dari pendidik Paud, Ny. Riri  Benny juga menyampaikan bahwa BOP Paud tahap 2 sudah masuk ke rekening lembaga penerima sebanyak 356 lembaga, dimana sudah bisa dicairkan dengan ada rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kepada seluruh pendidik paud kami berharap, mari terus meningkatkan kompetensinya dalam melakukan proses pembelajaran, apalagi sekarang kita harus melaksanakan program kebijakan  berdeka belajar, dengan mengarahkan proses pembelajaran anak sesuai bakat dan minatnya, atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran yang berdiferensiasi,”harap Riri.

Kami berharap, ibu -ibu dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan cepat dibuat dan mengimplementasikan dilembaganya masing masing, sehingga pembelajaran sesuai dengan kebijakan merdeka belajar

Plh. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Usman Gumanti, S.Pd, MM selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya Bimtek ini untuk membentuk SDM yang berkualitas unggul dan berdaya saing tinggi

“Dengan adanya bimtek ini kita harapkan tersedianya SDM yang berkualitas unggul dan berdaya saing tinggi. Pendidik dapat mengembangkan potensi peserta didiknya agar menjadi cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan berkebinekaan dengan memperhatikan hak hak anak” ungkapnya (TJP/MC)

 


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts