Dukung Peningkatan Hasil Tani, Babinsa Koramil 03 Sipora Sosialisasi Pembuatan Pupuk Kompos

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Babinsa Koramil 03 Sioban Desa Bukit Pamewa Sertu Osten Sinaga melaksanakan kegiatan menghadiri undangan dari Pemdes Desa Bukit Pamewa bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai terkait Sosialisasi Praktek Pembuatan Pupuk Kompos.

Adapun bahan material yang dipakai dalam pembuatan pupuk Kompos ini adalah:
1.Sampah organik/ sampah rumah tangga
2.Kohe Kambing
3.EM4 sebagai bahan pengurai.
4.Plastik/ terpal sebagai wadah tempat pembuatan pupuk organik.
5.Air
6.Gula Pasir sebagai makanan mikroba yg terkandung pada EM4.

Read More

“Ada beberapa hal yang kita sampaikan pada kegiatan sosialisasi pembuatan Kompos ini untuk menanggapi apa yang menjadi pertanyaan dari masyarakat Pok Tani sekaligus mennyampaikan kendala di lapangan kepada Narasumber dari Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai”, ujar Babinsa, Senin (05/09/2022).

Pupuk Kompos berfungsi sebagai pupuk Dasar yang berfungsi mampu mengembalikan kesuburan seperti semula, dan akan menghasilkan tanaman yang lebih tahan terhadap hama, cuaca ektrim serta hasilnya lebih sehat untuk di konsumsi, jelas Sertu Osten Sinaga.

Diharapkan kepada warga Pok tani kegiatan ini tidak menjadi sia sia dan berlalu begitu saja akan tetapi benar benar kita laksanakan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri melalui pertanian yang merupakan sumber perekonomian warga selama ini, katanya.

Terkait pembuatan Pupuk Kompos ini, kata Babinsa, tentunya untuk lebih efektif dan efisien besar harapan kita Dinas terkait bisa memberikan dukungan alat pencacah sampah, imbuhnya. (Tirman/Pendim)

Related posts