Efektivitas Delivery Order bagi Cafe di Masa Pandemi

cafe
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

Oleh: Fifi Mihotri

Delivery order adalah suatu layanan dalam sebuah usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal pemesanan barang atau layanan jasa. Di tengah pandemi ini delivery order merupakan salah satu layanan yang sangat diminati oleh para konsumen untuk memenuhi kebutuhannya akan suatu barang, karna caranya yang mudah dan juga biayanya yang murah, dan juga didukung oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih. Selain itu karna keterbatasan gerak yang diakibatkan pandemi menjadikan cara ini merupakan alternatif yang paling banyak digunakan.

Read More

Pandemi covid-19 di Indonesia pertama kali dideteksi pada bulan Maret 2020. karena pandemi ini pemerintah telah mengambil berbagai macam kebijakan, mulai dari lockdown hingga PPKM. Hal ini pun berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat terutama bagi pelaku UMKM. Salah satu UMKM yang merasakan dampak pandemi ini adalah cafe APIS SIMJA di daerah Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Berdasarkan penuturan pemilik cafe ini yang biasa dipanggil ‘bang Apis’, sejak pemberlakuan lockdown di awal pandemi bisnis ini mengalami penurunan pendapatan sebanyak 60%.

“Kebanyakan dari pengunjung cafe kami biasanya memesan makanan untuk dimakan ditempat, sedangkan karena pemberlakuan lockdown masyarakat dilarang untuk keluar rumah, hal inilah yang menyebabkan penurunan pendapatan yang cukup besar dari biasanya.” ucap Apis. Sehingga ownerpun harus melakukan inovasi baru agar bisnisnya tetap berjalan, yaitu dengan memberikan layanan delivery order bagi para pelanggannya.

Menurutnya cara ini sangat efektif karena sejak diberlakukan nya cara ini pendapatan bisnisnya kembali stabil seperti hari biasanya. “Sejak kami menyediakan layanan delivery order ini, pendapatan mulai kembali stabil bahkan meningkat dari sebelumnya, mungkin karena cafe lain tidak menyediakan layanan delivery order ini pada bisnis mereka, sehingga kami pun dibanjiri orderan dan sebenarnya ini merupakan strategi kami untuk kembali menarik pelanggan,” ungkapnya.

Menurut dia layanan ini merupakan salah satu strategi yang jitu jika dilakukan dengan cara yang tepat, karna layanan ini merupakan alternatif yang paling bagus untuk kembali mendapatkan orderan, sehingga bisnis pun tetap berjalan meskipun di masa pandemi.

Berdasarkan penuturan itu, ia tidak menerapkan minimum pemesanan bagi konsumen, sehingga meskipun konsumen memesan satu pcs saja, ia akan tetap mengantarkan. baginya dalam menjalankan bisnis ini, pelayanan adalah hal terpenting di samping rasa yang lezat dan konsisten. Terbukti hal ini berdampak baik bagi jumlah orderan bahkan jumlah orderan terus meningkat karna pelanggan merasa tidak terbebani oleh penerapan minimum pemesanan yang diterapkan oleh cafe.

Sampai saat ini layanan delivery order ini masih tetap ia jalankan, sehingga ketika pemerintah memberlakukan kebijakan PPKM pun, bisnisnya tetap berjalan dengan lancar. Mengutip dari quotes Stephen Hawking- “kecerdasan adalah kemampuan beradaptasi terhadap perubahan”. berdasarkan kutipan tersebut kita jadi  tahu bahwa orang yang cerdas adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan. (*)

/* Penulis adalah Mahasiswa Universitas Andalas

Related posts