Epi Mardian: Pembangunan Empat Jalan Usaha Tani di Nagari Situmbuk Akan Segera Dilanjutkan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR- Empat Jalan Usaha Tani yang sempat terhenti pembangunannya pada tahun 2021 lalu akan kembali dilanjutkan pada tahun 2022. Hal ini disampaikan oleh Wali Nagari Situmbuk, kecamatan Salimpaung Epi Mardian, Dt. Paduko Majo Kayo pada acara Musyawarah Nagari (MusNa) Situmbuk, Rabu (3/8/2022).

Keempat Jalan Usaha Tani tersebut tersebar di empat Jorong, yaitu: Jorong Patir, Piliang, Tigo Ninik dan jorong Bodi. Pembangunan jalan- jalan Usaha Tani tersebut sempat terhenti karena pengalihan dana untuk penanganan Covid-19.

Read More

Wali Nagari juga menyampaikan bahwa terdapat satu perkampungan yang terdiri dari 26 KK (Kepala Keluarga) di jorong Tiga Ninik yang belum dialiri listrik.
“Permintaan untuk penyambungan aliran listrik ini sudah kita ajukan dari tahun 2020, namun sampai saat ini belum terealisasi” ujar Epi. Epi Mardian menyampaikan bahwa PLN (Perusahaan Listrik Negara Persero ) menilai perkampungan tersebut belum memenuhi quota jumlah pemanfaat disamping jarak yang dinilai cukup jauh dari titik distribusi terakhir yaitu lebih kurang 2 km.

Irnaldi, Ketua BPRN ( Badan Permusyawaratan Rakyat Nagari) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musyawarah Nagari merupakan agenda tahunan Pemerintahan Nagari yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri no 114 tahun 2014 tentang Pembangunan Desa yang bertujuan untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis di masyarakat.

Lebih lanjut Irnaldi menyampaikan penyusunan RKP ( Rencana Kerja Pembangunan) dan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Nagari diatur dengan Peraturan Bupati Tanah Datar no 23 tahun 2019.

Acara ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Tanah Datar, Azwar Rabain yang menyerahkan beberapa eksemplar buku untuk perpustakaan nagari. Azwar menyampaikan kepada peserta musyawarah untuk menentukan skala prioritas pembangunan Nagari berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Utara kepentingan bersama, bukan kepentingan pribadi atau golongan.

Acara ini dihadiri oleh Tim IV Pendamping Musyawarah Nagari yang diketuai Delvi Andra dari Dinas PMDPPKB, dan dinas – dinas terkait seperti Dinas Koperindag, Sosial, Pendidikan dan Kebudayaan, PUPR, Kominfo serta Dinas Parpora. Turut hadir juga
Camat Salimpaung Herru Rachman, Forkopimca, KAN , Pemuda, Bundo Kanduang serta tokoh masyarakat nagari Situmbuk.(Mi)

Related posts