Euro 2020: Duel Panas Inggris vs Jerman, Hingga Drama Gol Hantu

  • Whatsapp
inggris vs jerman euro 2020
Skuat Inggris Euro 2020 (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, BOLA — Inggris vs Jerman merupakan salah satu duel paling menarik pada 16 besar Euro 2020. Banyak drama yang terjadi jika dua tim raksasa Eropa itu bertemu.

Inggris yang lolos ke 16 besar Euro sebagai Grup G sudah harus bertemu tim kuat. Jerman akan menjadi lawan Inggris setelah menjadi runner-up Grup F di bawah Prancis.

Read More

Inggris dan Jerman merupakan dua tim raksasa Eropa yang punya sejarah panjang rivalitas. Pertemuan kedua tim di dua ajang besar, Euro dan Piala Dunia, sering menciptakan drama dan kontroversi.

Rivalitas Inggris vs Jerman di dunia sepak bola sudah terjadi sejak 10 Mei 1930, ketika kedua tim kali pertama bertemu. Sejak saat ini situs 11vs11 mencatat total Inggris dan Jerman sudah 32 kali bertemu di semua ajang.

Jerman sedikit unggul dengan 15 kemenangan, dengan Inggris meraih 13 kemenangan dan empat di antaranya berakhir imbang.

Kali terakhir Inggris dan Jerman bertemu pada laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Wembley, 10 November 2017. Ketika itu kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Dalam sejarah panjang pertemuan Inggris vs Jerman di turnamen besar, terdapat tiga drama yang terjadi. Berikut 3 drama Inggris vs Jerman jelang 16 besar Euro 2020:

1. Adu Penalti Euro 1996

Setelah kalah dari Jerman Barat lewat adu penalti pada semifinal Piala Dunia 1990, Inggris kembali bertemu Jerman yang telah melakukan unifikasi pada semifinal Piala Eropa 1996 yang berlangsung di Stadion Wembley, London, tepatnya 26 Juni 1996.

Alan Shearer sempat membawa Inggris unggul cepat pada menit ketiga, tapi Jerman sukses menyamakan kedudukan hanya dalam 13 menit lewat Stefan Kuntz. Skor imbang 1-1 bertahan selama 90 menit, dan kedua tim gagal mencetak gol kemenangan di babak tambahan.

Adu penalti digelar. Enam eksekutor Jerman melakukan tugas dengan sempurna, sementara Inggris memiliki satu pemain yang gagal: Gareth Southgate!

Jerman kemudian melangkah ke final dan menang 2-1 atas Ceko di laga puncak.

2. Gol Shearer Euro 2000

Setelah lebih dari satu dekade tidak pernah menang atas Jerman, Inggris akhirnya sukses balas dendam di Euro 2000. Gol Alan Shearer pada menit ke-53 memastikan kemenangan 1-0 Inggris atas Jerman pada babak grup.

Hasil itu adalah kemenangan kompetitif pertama Inggris atas Jerman sejak final Piala Dunia 1966. Namun, Inggris gagal lolos dari fase grup Euro 2000 karena kalah dari Rumania di laga terakhir.

3. Gol Hantu Piala Dunia 2010

Pertemuan Inggris vs Jerman di babak 16 besar Piala Dunia 2010 merupakan pertandingan paling kontroversial antara kedua tim. Jerman menang meyakinkan 4-1 lewat dua gol Thomas Muller dan masing-masing satu gol dari Miroslave Klose serta Lukas Podolski.

Inggris sempat memperkecil ketinggalan 1-2 lewat gol Matthew Upson pada menit ke-37. Momen kontroversial terjadi satu menit kemudian ketika tendangan Frank Lampard dari luar kotak penalti membentur mistar gawang dan melewati garis gawang.

Bola kemudian ditangkap kiper Manuel Neuer dan wasit Jorge Larrionda dari Uruguay tidak menganggap itu sebagai gol.

Dalam tayangan ulang laga terlihat jelas bola jatuh jauh melewati garis gawang. Inggris yang seharusnya menyamakan kedudukan 2-2, kemudian kalah 1-4 setelah Jerman mencetak dua gol tambahan.

Insiden itu dikenal sebagai Gol Hantu. FIFA minta maaf atas insiden tersebut. Kontroversi itu menjadi titik balik penggunaan teknologi garis gawang yang sebelumnya ditolak FIFA.

Sejak kontroversi Inggris vs Jerman di Piala Dunia 2010, teknologi di sepak bola sudah berkembang pesat. Selain teknologi garis gawang, FIFA juga sudah menerapkan VAR. (CN)

Related posts