Gagas Gebyar Vaksinasi Covid-19, Pemkab Limapuluh Kota Sasar Hard Immunity 2021

  • Whatsapp
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo tinjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Massal di kantor dinas kesehatan, Minggu (10/10).

PARIWARA PEMKAB LIMAPULUH KOTA – Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota di bawah pimpinan pasangan Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Wabup Rizki Kurniawan Nakasri menargetkan upaya salah satu program pemerintah pusat, untuk penanggulangan penyebaran covid-19.

Salah satunya yakni dengan mendorong percepatan capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota. Dalam hal ini, Pemkab Limapuluh Kota mengelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 secara massal yang berlangsung di halaman kantor Dinas Kesehatan setempat, komplek kantor Bupati lama, pusat Kota Payakumbuh, Minggu (10/10).

Gebyar vaksinasi Covid-19 itu diketahui bertajuk: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit. Gebyar tersebut memperoleh dukungan penuh dari Polres Payakumbuh dan Polres Limapuluh Kota. Sebanyak 310.598 warga Limapuluh Kota ditarget telah mendapatkan vaksin hingga Desember 2021 mendatang.

Kegiatan Gebyar Vaksin untuk warga Limapuluh Kota yang dimulai pada pukul 09.00-15.00 Wib di halaman kantor Dinas Kesehatan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Antusias warga untuk divaksin terlihat dengan kedatangan sejak pagi menggunakan kendaraan L.300, motor dan mobil pribadi. Tenda berukuran besar milik BPBD Limapuluh Kota dengan kursi yang sudah disusun rapi sesuai prokes oleh petugas, tampak penuh.

Kemudian juga sebahagian warga memilih duduk di bawa pohon, sedangkan sebagian lainnya di dalam gedung Kantor Dinas Kesehatan Limapuluh Kota sambil menunggu antrian pemanggilan. Hebatnya, warga yang datang antusias untuk divaksinasi tidak hanya orang dewasa laki-laki dan ibuk-ibuk, pemuda, tapi juga anak usia remaja usia 12-17 tahun.

Didampingi anggota Polisi dari Polres Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, membuat kegiatan gebyar vaksinasi semakin meriah dan sukses. Kegiatan ini dipastikan menjadi salah satu ikhtiar upaya pemerintah daerah dalam rangka menaggulangi peredaran Covid-19 terhadap masyarakat.

Optimis Tekan Angka Sebaran Covid-19

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin dalam kegiatan itu menyebutkan, Gebyar Vaksinasi yang digelar Pemkab Limapuluh Kota selain bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, juga bermafaat untuk kesehatan tubuh dalam rangka menangkal penyebaran virus.

“Kita sangat optimis target vaksinasi bisa dicapai hingga akhir tahun. Dengan melaksanakan gebyar vaksin kembali untuk kedua kalinya dalam rangka pencapaian target vaksin di Limapuluh Kota,” ungkap Bupati Safaruddin.

Disampaikan Bupati pilihan rakyat itu, langkah ke depan untuk terus mewujudkan capaian target bersama Dinas Kesehatan Limapuluh Kota dan OPD terkait turun lagi ke Nagari-nagari dan sekolah-sekolah, dengan mendata kembali sekolah yang capaian terget vaksinasinya masih rendah.

“Insya Allah, kita laksanakan di sekolah dan kita sudah siapkan tenaga kesehatan atau vaksinator 200 orang lebih,” ulas Bupati Safaruddin sembari melakukan pengecekan proses vaksinasi.

Bupati Safaruddin juga mendorong dan memberikan support kepada petugas dan OPD terkait, untuk terus bersamangat dalam mendorong capaian vaksinasi. Menurut Bupati, vaksinasi bukan hanya mencapai target tapi menuju hard immunity atau kekebalan kelompok.

“Maka disampaikan kepada masyarakat, vaksin bukan untuk naik pesawat, bepergian, masuk kerja atau pergi ke pasar tetapi untuk melindungi diri dari virus penyakit yang bisa saja menghinggapi. Insya Allah ke depan sampai akhir bulan ini bisa kita capai 20 ribu orang tervaksin. Dan kita targetkan 1000 orang perhari bisa divaksin,” pinta Bupati Safaruddin.

Bupati Safaruddin menghimbau masyarakat Limapuluh Kota untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Tujuannya untuk melindungi diri, keluarga dan lingkungan masyarakat kita dari penyebaran virus corona dan dalam upaya menciptakan kekebalan kelompok.

“Kita dengan gencar terus mensosialisasi kepada peserta seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya menjalani vaksinasi Covid-19,” pungkas Bupati Safaruddin.

Ketua Balai Wartawan (BW) Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota), Arfidel Ilham, ikut Gebyar Vaksinasi yang dihelat Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. Dirinya, mengaku disuntik vaksin dan tidak merasakan efek yang berarti.
Hanya, pegal-pegal dibekas tusukan jarum suntik sedikit, dan tidak berlangsung lama.

“Kita ikut vaksinasi ini sebenarnya untuk melindungi diri kita, keluarga kita dan orang lain dilingkungan kita dari penyebaran virus covid-19. Dengan divaksin maka kita juga membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19,” kata Ilham.

Dia juga mengajak warga Limapuluh Kota untuk tidak takut untuk disuntik vaksin, dan jangan percaya hoak terkait vaksinasi. Dengan tercapainya target pemerintah untuk melindungi warga dari penyebaran virus covid-19, otomatis ekonomi akan bangkit kembali.

“Dengan telah divaksinnya seluruh masyarakat, maka Insya Alloh akan terbentuk kekebalan kelompok dan ekonomi akan segera bangkit, sekolah-sekolah akan segera kembali normal seperti biasa,” ujar Ilham didampingi pengurus BW, Sardi Nefri, Dodi Sastra, dan pengurus Balai Wartawan lainnya, di lokasi Gebyar Vaksinasi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, dr.Tien Septino, M.Kes, menyebutkan hingga Sabtu (9/10) dari target total sasaran 310.598 orang baru 20.81 persen atau 64.641 orang yang sudah disuntik vaksin dosis I, dan 9.00 persen atau 27.922 orang yang sudah disuntik vaksin dosis II.

“Melalui Gebyar Vaksinasi ini angka capaian vaksinasi Limapuluh Kota terus bertambah,” ujar Tien Septino.

Diakui Tien Septino, kegiatan vaksinasi juga terus digelar di Puskesmas-puskesmas dan sekolah-sekolah untuk sasaran remaja atau pelajar usia 12-17 tahun diberbagai tempat di Limapuluh Kota.

Dia menargetkan di Limapuluh Kota akan tercipta hard immunity atau kekebalan kelompok dan dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Limapuluh Kota. Dengan begitu harapan pemerintah kesehatan pulih, ekonomi bangkit bisa terwujud.

Tien Septino mengaku optimis capaian target 310.598 bisa dicapai hingga Desember akhir tahun 2021. Mengingat, sosialisasi keseluruh elemen dan lembaga masyarakat terus digencarkan.

Begitu pula edukasi kepada masyarakat, baik di sekolah untuk sasaran pelajar maupun untuk masyarakat atau orangtua wali murid terkait vaksinasi, terus dilakukan.

“Kita optimis capaian target seluruh sasaran kita di Lima Puluh Kota bisa dicapai hingga akhir tahun ini. Karena, kita melihat antusias masyarakat Lima Puluh Kota akhir-akhir ini untuk melakukan vaksinasi cukup tinggi,” imbuh Tien Septono. (adv)

Related posts