Gandeng 2 Lembaga Uji, Dewan Pers Fasilitasi UKW di Bukittinggi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, BUKITTINGGI – Dewan Pers menggandeng dua Lembaga Uji, yaitu PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) dalam memfasilitasi Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) di Bukittinggi.

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, bertempat di Balai Sidang Bung Hatta,
Sabtu,(10/9/2022). Peserta UKW berjumlah 72 orang dari berbagai jenjang.

Read More

Ujian Kompetensi Wartawan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers.

Kemudian menegakkan kemerdekaan pers, berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus, penghasil karya intelektual, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) mendukung sepenuhnya, pelaksanaan UKW dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan.

“Semakin meningkatnya kuantitas wartawan yang kompoten, maka kami yakin dan optimis, akan semakin meningkat pula kualitas berita dan informasi yang diterima oleh masyarakat,” tutur Erman.

Wako Erman menegaskan, wartawan dan perusahaan media, harus terus meningkatkan kompetensi, terutama dalam menghadapi era distrupsi informasi.

Ia sebut, dimana kemajuan teknologi dan berkembangnya media baru, menyebabkan semua orang bisa memproduksi, sekaligus menyampaikan informasi ke masyarakat tanpa harus melalui, atau bahkan memiliki institusi media resmi.

“Ini tentu sedikit banyak, mengubah alur informasi media lama menjadi lebih cepat, supaya mampu mengimbangi kecepatan informasi dari media baru,” sebut Erman.

Uji Kompetensi Wartawan adalah salah satu cara yang dilakukan Dewan Pers untuk memberikan standar untuk mengukur profesionalisme seseorang dalam melakukan profesi jurnalistik. (*)

Related posts