Gandeng Komisi I DPR RI, Kemkominfo Gelar Sosialisasi Analog Switch Off

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, BUKITTINGGI -Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), menggelar Sosialisasi Analog Switch Off dan Seremoni pembagian Set Top Box (STB) kepada rumah tangga miskin.

Acara diadakan dalam bentuk Diskusi Publik Virtual, berpusat di Hotel Royal Denai, Kota Bukittinggi, berlangsung selama 2 hari, mulai pada 27 dan 28 Agustus 2022.

Read More

Pembicara dalam diskusi tersebut antara lain: Muhammad Iqbal (Komisi I DPR RI Dapil II Sumatra Barat), DR. Rosarita Niken Widyastuti, M.Si (Staf Khusus Menkominfo) dan AB Sarca Putera, S. Ikom, MA (Akademisi Universitas Negeri Padang).

Muhammad Iqbal mengatakan, bahwa peralihan dari TV analog ke TV digital ini, dalam rangka memastikan masyarakat dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas yang baik, tanpa harus mengeluarkan biaya rutin yang cukup besar.

“Selain itu, langkah ini juga membuka ruang produktifitas, sebab adanya ruang untuk TV Komunitas, sehingga masyarakat biasa juga bisa menjadi kontributor siaran TV,” tuturnya, Minggu (28/8/2022).

Ia menambahkan, bahwa kalangan masyarakat tidak mampu tidak perlu khawatir.

“Pemerintah juga sudah siapkan subsidi untuk pembelian Set Top Box (STB),” imbuh Muhammad Iqbal, politisi asal Maninjau, Kabupaten Agam itu.

Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widyastuti menjelaskan, bahwa peralihan tersebut, merupakan cara kita beradaptasi dengan teknologi. Dan sebenarnya Indonesia sudah tertinggal dari negara lain dalam peralihan TV analog ke TV digital ini.

“Namun kita targetkan tahun ini, semua televisi sudah beralih ke TV digital. Manfaat lainnya dengan TV Digital ini adalah hematnya penggunaan sinyal frekuensi, sehingga ruang “udara” kita makin lapang
berdampak kepada semakin cepatnya layanan internet,” jelasnya.

Akademisi Universitas Negeri Padang, AB Sarca Putera menerangkan, bahwa proses peralihan dari TV Analog ke TV Digital, merupakan isu besar sejak tahun 2006 lalu. Sosialisasi ini merupakan momen untuk masyarakat agar jangan terkesan, bahwa peralihan ini merupakan sesuatu yang dipaksakan pemerintah kepada masyarakat.

“Teknologi tidak pernah menunggu kita siap, peralihan ini memang suatu keniscayaan,” terangnya.

Acara sosialisasi ini diikuti oleh ratusan masyarakat dalam kesempatan tersebut, juga diberikan 20 Set Top Box (STB) gratis kepada masyarakat yang datang. (*)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts