Gebyar Vaksinasi Covid-19 Pemkab 50 Kota, Tekan Angka Penyebaran dan Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Perlihatkan KTP Dalam Antrian Vaksinasi Covid-19, Selasa (22/6/2021)

LIMAPULUH KOTA,MINANGKABAUNEWS,- Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) gelar Gebyar Vaksinasi di lapangan upacara kantor bupati di Sarilamak, Selasa (22/6/2021). Vaksinasi Covid-19 dibuka langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo.Vaksinasi di ikuti oleh ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemkab Limapuluh Kota dan masyarakat berumur 18 tahun keatas.

Dikatakan bupati, kegiatan itu diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut, Selasa dan Rabu pekan ini. Kegiatan vaksinasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota sekaligus menjalankan program pemerintah pusat untuk pemulihan ekonomi pada masa pandemi.

Dijelaskan bupati, pandemi COVID-19 tidak saja mengganggu kepada aktivitas rutin. Namun mampu merubah status ekonomi masyarakat karena kegiatan-kegiatan rutin tidak dapat dilaksanakan secara optimal. Bila terjadi lonjakan kasus positif covid-19, maka perekonomian yang sedang dalam tahap pemulihan akan kembali tertekan. Untuk di daerah dari sisi produksi baik di aktivitas perdagangan, manufaktur hingga logistik jelas akan terganggu.

“Ini langkah pemerintah daerah untuk menekan angka penyebaran dan paparan virus covid-19 kepada masyarakat, agar pandemi ini segera berlalu. Dampak buruk yang musti kita pahami bersama ketika pandemi ini tidak selesai.” Kata Bupati usai membuka Gebyar Vaksinasi Pemkab Limapuluh Kota.

Ditambahkannya, selesai divaksinasi, masyarakat tetap dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan di manapun demi memutus rantai penularan Covid-19. Tetap pakai masker dengan benar, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Selain itu peran keluarga juga sangat penting. Hal ini dikarenakan keluarga adalah orang terdekat yang mampu meyakinkan agar tidak takut dan ragu dalam melaksanakan vaksinasi.

Termasuk untuk membaca dan menerima setiap informasi di ruang publik. Masyarakat jangan termakan informasi-informasi hoax atau informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa.

“Pahami setiap informasi, jangan termakan informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa,” tambah bupati.

Sementara itu, Kapolres AKBP Trisno Eko Santoso melalui Wakapolres Kompol Russirwan mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi secara gratis di posko utama maupun di puskesmas yang tersebar di wilayah hukum Polres Limapuluh Kota sampai 30 Juni mendatang.

“Tidak dipungut biaya silahkan datang dengan membawa bukti kartu tanda penduduk (KTP),” ajak Wakapolres Russirwan. (rn/tk)

Related posts