Gelar Silaturahmi dengan Para Perantau, Bupati Agam: Ini Momen Bersejarah

  • Whatsapp
Bupati Agam, Andri Warman bersama para perantau. (Foto/dok istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Pemerintah Kabupaten Agam gelar shilaturahmi dengan para perantau di UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Selasa, (26/4/2023).

Kegiatan ini baru pertamakali dilaksanakan dengan para perantau dalam satu wadah Badan Koordinasi (Bakor) Perantau Agam.

Read More

“Ini momen bersejarah bagi Pemkab Agam. Sebelumnya, para perantau hanya diwadahi oleh nagari,” ujar Bupati Agam, Andri Warman.

Dikatakannya, para perantau memiliki kerinduan mendalam dengan kampung halaman, karena tahun sebelumnya tidak bisa pulang akibat dampak dari Covid-19.

Para perantau, dilanjutkannya, memiliki peranan penting sebagai agent perubahan dalam kemajuan kampung halaman.

“Para perantau memiliki hubungan emosional yang tinggi, sehingga menjadi modal sosial dalam mendukung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di kampung halaman,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia mengajak para perantau bersinergi dengan pemerintah  daerah untuk membangun Kabupaten Agam lebih maju.

“Kita sudah siapkan program unggulan, seperti pengembangan rumah tahfi, kampung inggris, dan adat istiadat. Untuk itu, kita berharap kerjasama dari para perantau,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Bakor Perantau Agam, Dr Zefri mengaku terharu atas penyambutan luar biasa yang diinisiasi Pemkab Agam, sehingga dapat menyatukan masyarakat di ranah dengan rantau.

“Kita berharap ini bukan akhir, tapi bisa dilaksanakan berkelanjutan setiap tahunnya,” harapnya.

Dijelaskan, Bakor Perantau Agam miliki berbagai program diantaranya menjaga silaturahmi dengan ranah, serta memaksimalkan potensi nagari dalam membangun kampung halaman.

“Bakor Perantau Agam akan selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, dalam mewujudkan Kabupaten Agam lebih maju,” katanya.

Related posts