Genius Umar : Kapalo Mudo dan Urang tuo Berperan Penting dalam Roda Pemerintahan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,Pariaman — Walikota Pariaman ingatkan pentingnya Kapalo Mudo dan Urang Tuo dalam suatu daerah sangat berperan dalam menciptakan hubungan kekerabatan suatu kaum dan suku, serta mampu sebagai penetralisir dan tempat menyelesaikan persoalan sengketa adat dalam daerahnya.

 

Genius mengatakan selain itu Kapalo Mudo dan Urang Tuo juga berperan membantu pimpinan daerah dalam menjalankan roda pemerintahan ditengah-tengah masyarakat, seperti menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam nagari, membimbing anak kemenakan dalam nagari agar tidak menyimpang dari apa yang telah diatur dalam adat.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya diacara “Penyerahan Bantuan Sembako Untuk Kapalo Mudo dan Urang Tuo Desa/Kelurahan se-Kota Pariaman” yang berjumlah sebanyak 160 orang, bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota, Rabu (27/4).

 

“Saya sangat bangga dan bahagia sekali bisa bertemu secara langsung dengan Kapalo Mudo dan Urang Tuo se-Kota Pariaman di acara ini, sekaligus menjalin tali silaturahmi, karena selama ini kita sangat susah sekali untuk bertemu, dikarenakan tugas yang diberikan kepada saya sebagai Walikota Pariaman”, ujar Genius Umar.

 

Genius Umar mengungkapkan, beliau harus menjalani amanah yang diberikan oleh masyarakat Kota Pariaman kepada  beliau, untuk mengurus masyarakat dan memimpin Kota Pariaman agar lebih baik lagi dan maju kedepannya,  dan itu semua tidak terlepas dari bantuan Kapalo Mudo dan Urang Tuo se-Kota Pariaman selama ini.

 

“Terimakasih atas bantuannya selama ini kepada Pemerintah Kota Pariaman, dan hari ini sebagai tanda cinta kasih dan juga ucapan terimakasih kami kepada Kapalo Mudo dan Urang Tuo, ada sedikit bantuan yang diberikan sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran, mudah-mudahan bantuan yang kami berikan ini bermanfaat untuk keluarga”, pungkas Genius Umar.

Diakhir acara Genius Umar langsung serahkan bantuan berupa Kain Sarung , dan juga sembako kepada Kapalo Mudo dan Urang Tuo yang hadir dalam acara tersebut.

Related posts