Genius Umar Sebut PT KAI Bakal Tambah Gerbong Sibinuang Rute Padang-Pariaman

  • Whatsapp
Kereta Api Sibinuang di Sumatera Barat. (Foto: Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, PARIAMAN – Walikota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar, menyebut kalau PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar akan menambah gerbong kereta Sibinuang rute Kota Padang – Kota Pariaman.

Hal tersebut lantaran adanya permintaan dirinya kepada PT KAI Sumatera Barat beberapa waktu lalu sebagai upaya menopang program peningkatan pariwisata Kota Pariaman.

Read More

“Alhamdulillah, dikabulkan PT KAI,” sebut Wako Pariaman, Genius Umar, melalui keterangan humas, akhir pekan kemarin.

Gerbong kereta api yang akan ditambah yakni kereta Sibinuang yang merupakan jalur kereta api satu-satunya jurusan Padang – Pariaman. Gerbong tersebut, katanya adalah gerbong khusus untuk sepeda.

Menurut Genius, Kepala Divre (Divisi Regional) II PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar, Kuncoro, sebelumya telah berkunjung ke Kota Pariaman beberapa waktu yang lalu.

Gerbong Sepeda di Kereta Api Sibinuang tersebut, nantinya dapat mendukung Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata dan memenuhi kebutuhan penumpang yang hobi bersepeda.

“Saya sangat senang dan apresiasi kepada Kepala Divre II PT KAI Sumbar, yang telah mewujudkan permintaan saya terkait gerbong sepeda,” tambah Genius ketika bertolak melihat kapal perang yang akan dijadikan museum di kota Pariaman ke Surabaya, Rabu (9/6) kemarin.

Genius mengharapkan dengan adanya gerbong sepeda ini, akan menambah jumlah pengunjung wisata terutama yang hobi bersepeda ke Kota Pariaman. Oleh karena itu, Pemko Pariaman akan memperbaiki dan menambah jalur sepeda, supaya kota pariaman, akan menjadi kota sepeda di Sumatera Barat.

Gerbong tersebut akan menjadi rebutan bagi mereka yang hobi bersepeda terutama ketika mengunjungi Kota Pariaman dari Kota Padang, atau sebaliknya. Dengan adanya gerbong khusus, maka wisatawan dapat membawa serta sepedanya kedalam kereta api.

“Setiba di Kota Pariaman, mereka bisa langsung menikmati Pantai Gandoriah, Pantai Cermin dan Pantai Kata lengkap dengan jalur sepedanya,” tambahnya.

Saat ini, Pemko Pariaman memastikan sedang membenahi jalur-jalur sepeda yang ada di destinasi wisata. Nantinya pemko akan melengkapi dengan jalur sepeda khusus yang saling terintegrasi antara satu destinasi ke destinasi lainya.

“Para komunitas Gowes yang datang dengan menggunakan Kereta Api ini, nanti juga dapat menikmati gowes sambil berwisata di Kota Pariaman,” papar Genius Umar. []

Related posts