Genius Umar Terima Kunjungan Wakil Atase Kebudayaan, Kedubes Amerika Serikat di Rumah Dinas

MINANGKABAUNEWS.com, PARIAMAN – Wali Kota Pariaman, Genius Umar menjelang hari terakhir masa jabatanya, menerima kunjungan Deputy Cultural Attache America Direktor, Embassy of The United States of America (Wakil Atase Kebudayaan Amerika Direktur, Kedutaan Besar Amerika Serikat), Abraham Y. Lee dari Jakarta, di rumah dinasnya, di Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, Minggu (8/10/2023) malam.

“Kami menyambut baik kunjungan Wakil Atase Kebudayaan Amerika di Kota Pariaman, dan kunjungan ini, menjadi kunjungan saya terakhir menerima tamu di rumah dinas ini, sebagai Wali Kota Pariaman,” kata Genius.

Read More

“Banyak hal yang dapat kita kerjasamakan dengan Negara Amerika, mulai dari sejarah dan budaya, sampai Pendidikan dan pariwisata, apalagi kita sedang membuat museum Bahari yang berasal dari kapal perang yang dipakai oleh Amerika di zaman Perang Dunia ke II dan Perang Vietnam,” sambungnya.

Genius sebut, kedatangan Wakil Atase Kebudayaan, Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) ini, harus dapat kita ambil manfaatnya.

“Karena itu, pada kesempatan ini kita juga menyerahkan surat kepada Kedubes AS, untuk pertukaran dibidang Pendidikan dan sejarah, mengingat kita merupakan satu-satunya di indonseia yang menjadikan kapal perang eks AS, untuk dijadikan museum,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Atase Kebudayaan, Kedubes AS, Abraham Y. Lee mengatakan bahwa kunjungan ini, merupakan kunjungan dirinya yang pertama ke Sumatera, dan ia sangat tertarik dengan Kota Pariaman, yang sering mendapat rujukan agar pihaknya datang kesini, ujar pria berdarah Amerika dan Korea ini.

“Kota Pariaman, mempunyai kebudayaan dan adat istiadat yang unik, dengan etnis Minangkabau yang kental, apalagi didaerah ini yang paling ingin saya kunjungi adalah hutan mangrove dan penangkaran penyu yang ada di Desa Apar,” tuturnya.

“Selain mengunjungi Kota Pariaman, besok siang, kami juga akan mengunjungi American Corners yang ada di Universitas Andalas Padang, dengan harapan, agar masyarakat Sumatera Barat, dapat mengunjungi tempat tersebut untuk mengenal lebih dekat tentang Amerika,” ulas Abraham Y. Lee mengakhiri.

Turut menemani orang nomor satu di Kota Pariaman pada kunjungan malam ini Asisten II, Elfis Candra, Kepala Bagian Organisasi, Lia Lestari dan Kabid e-Gove Dinas Kominfo Kota Pariaman, Reza Novandri serta Ketua Program dari Kedubes AS untuk Indonesia, Yolia. Genius Umar juga menyerahkan Batik Sampan khas Kota Pariaman kepada Abraham Y. Lee, dilanjutkan dengan menikmati makan sate Pariaman. (*)

Related posts