Genius Umar : Tes IVA Masih Perlu Disosialisasikan Lagi Untuk Para Wanita

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,Pariaman “Wanita sehat itu akan menghasilkan Indonesia kuat, wanita sehat akan menghasilkan anak-anak yang sehat dan kuat, wanita sehat itu akan menghasilkan keluarga-keluarga yang sehat dan tangguh, serta menghasilkan bibit-bibit pimpinan yang cerdas dan berkualitas”, sebut Wali Kota Pariaman Genius Umar saat memberikan kata sambutan, sekaligus membuka acara “Tes IVA Gratis Dan Sadanis Nasional”.

 

Kegiatan yang digelar oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat tersebut, dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Pariaman Selatan, Rabu (10/8), dengan peserta adalah Pengurus dan Anggota DWP Kanwil Kemenag Sumbar, serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat.

 

Genius Umar sampaikan, bahwa program pengendalian kanker harus dilakukan secara komprehensif, mulai dari pencegahan, deteksi dini dan screening, diagnosis dan terapi, pengawasan, penelitian, hingga rehabilitasi.

 

Salah satu cara yang selama ini telah banyak digunakan, termasuk di Kota Pariaman untuk mendeteksi dini keberadaan penyakit ini, sekaligus menyelamatkan wanita dari kematian adalah, melalui pemeriksaan dini Tes IVA. Hanya saja, ke depan pemeriksaan dini melalui Tes IVA di kalangan perempuan masih perlu untuk lebih disosialisasikan dan ditingkatkan lagi.

 

“Kita tentunya menyadari bahwa Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Data World Health Organization (WHO) tahun 2018 menunjukkan bahwa secara global kanker adalah penyebab utama kematian kedua secara global, oleh karena itu, kami turut menyambut baik pelaksanaan kegiatan pada hari ini, karena melalui kegiatan ini kita akan memperoleh deteksi secara dini, dan para wanita bebas dari kanker serviks dan kanker payudara”, terang Genius.

Sementara itu Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar Ny. Nazifah Helmi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan DWP Kemenag RI, dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-77, dengan tema “Tes IVA Sadanis sebagai upaya deteksi dini wanita Indonesia bebas kanker serviks dan payudara”.

 

“Kemenag RI menargetkan sebanyak 150 orang peserta per provinsi untuk dilakukan tes IVA ini, tapi target tersebut dilampaui oleh Provinsi Sumatera Barat yang telah mendaftar sebanyak 300 orang peserta. Ini berarti kesadaran para wanita yang ada di provinsi sumbar untuk memeriksakan kesehatan mereka sudah semakin meningkat”, sambung Nazifah.

 

Turut hadir dalam kegiatan itu adalah Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny.Lucyanel Genius, Ketua DWP Kota Pariaman Ny. Yosnelly Balad, Ketua DWP Kankemenag Kabupaten/Kota, Kadis Kesehatan Kota Pariaman, dan Camat Pariaman Selatan. (rel).

Related posts