Genjot Kualitas Pemasaran, Pemko Gelar Pelatihan Kemasan bagi UMKM di Bukittinggi

MINANGKABAUNEWS.com, BUKITTINGGI – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, menggelar pelatihan kemasan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bukittinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di Grand Rocky Hotel, Kamis (15/9/2022).

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyampaikan, pelatihan kemasan bagi usaha mikro ini, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pemasaran bagi pelaku UMKM. Sehingga nilai jual dari produk dan ketertarikan masyarakat akan produk yang dijual semakin tinggi.

Read More

“Pemerintah daerah sangat konsen pada peningkatan dan pengembangan UMKM kita ini, baik dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), permodalan, pemasaran, manajemen usaha dan lainnya,” ucapnya.

Erman menjelaskan, UMKM saat ini bukan tanpa kendala, banyak permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam menjalankan usahanya, antara lain masih rendahnya kualitas sumber daya manusia.

“Hal ini tercermin dari kurang berkembangnya usaha yang dilakoni oleh pelaku usaha, walaupun usahanya sudah lama berdiri,” jelasnya.

Produktivitas serta daya saing produk yang dihasilkan masih terbatas pada lingkungan, dimana UMKM banyak berada belum mampu menembus pasar yang luas.

“Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah akan berusaha terwujudnya iklim berusaha yang kondusif, kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada UMKM, seperti subsidi bunga di atas dan pelatihan-pelatihan seperti yang akan dilaksanakan ini,” terang Wali Kota Bukittinggi itu.

Pelatihan ini, diikuti 30 pelaku UMKM Kota Bukittinggi. Kegiatan tersebut, dilaksanakan selama tiga hari, Rabu hingga Jum’at (14-16 September 2022 ini. (*)

Related posts