Genjot Vaksinasi di Padang Panjang, Pelajar SLTP dan Warga Umum Divaksin di Tiga Lokasi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG — Upaya menggenjot program percepatan vaksinasi Covit-19, Pemerintah Kota Padang Panjang terus melakukan gebyar vaksinasi ke sekolah masing-masing, sebanyak 40 pelajar SMPN 4 dan 130 pelajar SMPN 3 telah divaksin, Sabtu, (18/9/2021).

Kepala SMPN 4, Leli Suarni, M.Pd mengatakan, vaksinasi hari ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di sekolahnya. “Awalnya cuma sedikit murid yang mendaftar. setelah dilakukan dua kali sosialisasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), ada peningkatan yang mendaftar sesuai dengan izin dari orang tua murid masing-masing,” ungkapnya.

Read More

Dikatakannya, di samping mendukung program percepatan vaksinasi di Kota Padang Panjang, kegiatan vaksinasi ini juga sebagai benteng diri bagi anak anak peserta didik sehingga terhindar dari virus Covid-19.

“Mudah-mudahan peserta didik kita terhindar dari virus Covid-19 sehingga proses belajar tatap muka bisa berjalan dengan lancar. Kami berharap, semoga anak-anak semakin menyadari pentingnya vaksin untuk mereka,” harapnya.

Dia menyarankan, di samping diperlukannya izin dari orang tua murid, juga ada pendampingan dari orang tua saat pelaksanaan vaksinasi. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman kita, kalau vaksin tidak perlu ditakutkan.

“Alhamdulillah, sejauh ini dari semua yang divaksin hari ini, berjalan dengan lancar. Tidak ada yang mengalami gejala yang mengkhawatirkan. Kami juga mengambil kebijakan, bagi murid yang telah melakukan vaksin diperbolehkan untuk pulang duluan, agar mereka bisa istirahat di rumah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes, Rahmaisa, SKM menyampaikan, percepatan vaksinasi untuk usia pelajar ini dibutuhkan agar pembelajaran tatap muka lebih aman. “Vaksinasi untuk pelajar merupakan fokus Dinkes saat ini,” katanya.

Untuk vaksinasi di SMPN 4, Rahmaisa merincikan, dari 42 pelajar yang di screening, divaksin 40 orang dan ditunda dua orang. Dari jumlah itu, vaksin dosis pertama 29 orang dan satu orang untuk dosis kedua. Kegiatan vaksinasi ini difasilitasi tenaga kesehatan dari Puskesmas Bukit Surungan.

Ditambahkannya, di SMPN 3 yang difasilitasi tenaga kesehatan dari Puskesmas Gunung, dari 132 pelajar yang mendaftar, ada dua orang yang ditunda akibat masalah kesehatan. Untuk vaksin dosis pertama diberikan kepada 122 pelajar dan dosis kedua untuk delapan pelajar, dengan vaksin terpakai sebanyak 13 vial.

Sementara itu, pada hari yang sama juga dilaksanakan vaksinasi di markas Koramil 01/PP yang difasilitasi tenaga kesehatan dari Puskesmas Koto Katik.

Di tempat ini, sebanyak 76 orang telah divaksin dari total yang di screening 81 orang. Dengan rincian, vaksin dosis pertama 18 orang dan vaksin dosis kedua 58 orang. Vaksin terpakai delapan vial. (Fatra/andes)

Related posts