Genting! Jawab Tantangan Rusia, Biden Segera Bertemu Vladimir Putin

  • Whatsapp
Presiden AS Joe Biden
Presiden AS Joe Biden (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan, Minggu (9/5/2021) bahwa dia berharap dapat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin segera untuk mendiskusikan beberapa hal yang membuat hubungan keduanya runyam.

Dikutip Reuters, Biden mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa ia ingin bertemu Putin meskipun Rusia sedang membangun pasukan militer di dekat Ukraina yang notabenenya dikecam keras oleh Washington.

Read More

“Itu tidak mempengaruhi keinginan saya untuk mengadakan pertemuan empat mata dan Anda akan melihat dia memiliki lebih banyak pasukan sebelumnya. Dia menarik pasukan,” katanya.

Ditanya tentang pertemuan dengan Putin pada bulan Juni, ia berkata, “Saya yakin kami akan mampu melakukannya. Kami tidak memiliki waktu atau tempat tertentu. Itu sedang dikerjakan.”

AS mengatakan mendukung Ukraina di tengah apa yang oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken minggu ini disebut sebagai pembentukan pasukan Moskow yang “sembrono”.

Selain Ukraina, masalah yang meliputi kedua negara juga terjadi saat Dewan Intelijen Nasional AS mengatakan bahwa Putin membantu rival Biden pada pemilu lalu, Donald Trump, dalam memenangkan pemilu AS.

Secara khusus, laporan itu mengatakan bahwa Putin “memiliki lingkup kegiatan Adriy Derkach, seorang legislator Ukraina yang memainkan peran penting dalam kegiatan pengaruh pemilu Rusia.”

Derkach, yang memiliki hubungan dengan intelijen Rusia, diketahui telah bertemu dengan Rudy Giuliani, pengacara pribadi Trump, yang selama berbulan-bulan mempromosikan tuduhan mendiskreditkan terhadap Biden, yang sekarang menjadi presiden, dan putranya Hunter Biden.

Tak hanya dua masalah itu, masalah berikutnya yang meliputi hubungan keduanya adalah klaim Biden bahwa Putin merupakan otak percobaan pembunuhan kritikus Kremlin Alexei Navalny. Hal ini membuat Putin berang dan memanggil pulang duta besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov. (CN)

Related posts