Gila! China Mau Tabrakkan Puluhan Roket Kiamat Terbesar ke Asteroid yang Ancam Bumi

  • Whatsapp
Asteroid ancam Bumi
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL — Peneliti China ingin mengirimkan 20 lebih roket terbesar China dalam uji coba untuk membelokkan jalur Asteroid besar yang akan menabrak Bumi.

Dalam simulasi yang dilakukan di Pusat Sains Luar Angkasa Nasional China, para peneliti menemukan 23 roket Long March 5 yang menghantam secara bersamaan dapat membelokkan Asteroid besar dari jalur aslinya dengan jarak 1,4 kali radius Bumi.

Read More

Penelitian ini didasarkan adanya Asteroid bernama Bennu, yang mengorbit Matahari, yang tingginya sama dengan Empire State Building. Ini termasuk kelas batuan yang berpotensi menyebabkan kerusakan regional atau kontinental jika menghantam Bumi.

Roket Long March 5 adalah kunci ambisi jangka pendek luar angkasa China. Sejak 2016, China telah berhasil meluncurkan enam roket Long March 5 namun masalah sisa-sisa roket ini yang kembali ke Bumi sempat jadi sorotan dunia.

“Proposal mempertahankan bagian atas peluncur roket di pesawat ruang angkasa dan membuat satu ‘penabrak kinetik’ besar untuk membelokkan asteroid, adalah konsep yang agak bagus,” kata Profesor Alan Fitzsimmons dari Pusat Penelitian Astrofisika di Universitas Queen Belfast, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (7/7/2021).

“Dengan meningkatkan massa yang menghantam Asteroid, fisika sederhana akan memastikan efek yang jauh lebih besar.”

Profesor Gareth Collins di Imperial College London mengungkapkan ada 1% kemungkinan Asteroid sebesar 100 meter akan menabrak Bumi dalam 100 tahun ke depan. “Peluang [Asteroid] seukuran Bennu bertabrakan [dengan Bumi] 10 kali lebih kecil kemungkinannya,” kata Collins.

Mengubah jalur asteroid menghadirkan risiko yang lebih rendah daripada meledakkan dengan bahan peledak nuklir, yang dapat membuat fragmen lebih kecil tanpa mengubah arahnya, kata para ilmuwan.

Sebelumnya, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Badan Antariksa Italia, dan Badan Antariksa Eropa berencana menabrakkan pesawat ruang angkasa ke Asteroid yang mengancam Bumi. Misi ini rencanannya akan diujikan pada tahun depan.

Related posts