Golongan Narkotika Beserta Efek Bahaya pada Tubuh

  • Whatsapp

Oleh: Risa

Apa itu Narkotika ?

Read More

Narkotika/Narkoba merupakan Obat/Bahan berbahaya yang telah populer beredar dimasyarakat perkotaan maupun di pedesaan, termasuk bagi aparat hukum. Sementara menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

Sebenarnya dahulu kala masyarakat juga mengenal istilah madat sebagai sebutan untuk candu atau opium, suatu golongan narkotika yang berasal dari getah kuncup bunga tanaman Poppy. Selain Narkoba, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan RI adalah NAPZA yaitu singkatan dari Narkotika, Pasikotropika dan Zat adiktif lainnya. Semua istilah ini sebenarnya mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko yaitu kecanduan (adiksi).

Apa saja Golongan dan Jenis Narkotika?

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika mengkategorikan narkotika ke dalam tiga golongan. Lebih lanjut, Pemerintah pun menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Penggolongan Narkotika.

  1. Narkotika golongan I:

Narkotika ini peruntukkanya hanya bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak dimanfaatkan dalam terapi, dan sangat berpotensi menimbulkan ketergantungan. Contohnya adalah tanaman koka, daun koka, kokain mentah, opium mentah, ganja, heroina, tanaman ganja, dan metamfetamina.

  1. Narkotika golongan II:

Narkotika golongan ini dimanfaatkan dalam pilihan terakhir pengobatan, serta pada terapi maupun pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti halnya narkotika golongan I, narkotika golongan II pun berpotensi tinggi mengakibatkan kecanduan. Yang termasuk narkotika golongan ini yaitu morfina, morfin metobromida, dan ekgonina.

  1. Narkotika golongan III:

Narkotika pada kategori ini, berkhasiat sebagai pengobatan dan sudah banyak dipakai dalam terapi serta pengembangan ilmu pengetahuan. Namun berbeda dari dua golongan lainnya, narkotika golongan III berpotensi ringan dalam mengakibatkan ketergantungan. Ada propiram, kodeina, polkodina, dan etilmorfina sebagai contoh narkotika golongan III.

 

Apa sih bahaya  bagi mereka yang mengonsumsi obat-obatan terlarang dan efeknya bagi  tubuh pengguna ?

Adapun jenis-jenis Narkotika/Narkoba Yang sering digunakan sebagai berikut :

  • MORFIN

Efek bagi tubuh : Menimbulkan euforia. Mual, muntah, sulit buang hajat besar (konstipasi) Kebingungan (konfusi), Berkeringat ,Dapat menyebabkan pingsan, jantung berdebar-debar,Gelisah dan perubahan suasana hati. ,Mulut kering dan warna muka berubah.

  • Heroin

Efek bagi tubuh : Denyut nadi melambat. ,Tekanan darah menurun. ,Otot-otot menjadi lemas/relaks, Diafragma mata (pupil) mengecil (pin point, Mengurangi bahkan menghilangkan kepercayaan diri., Membentuk dunia sendiri (dissosial) : tidak bersahabat. ,Penyimpangan perilaku : berbohong, menipu, mencuri, kriminal.

  • GANJA atau Kanabis

Efek bagi tubuh : Denyut jantung atau nadi lebih cepat. ,Mulut dan tenggorokan kering. ,Merasa lebih santai, banyak bicara dan bergembira. ,Sulit mengingat sesuatu kejadian.,Kesulitan kinerja yang membutuhkan konsentrasi, reaksi yang cepat dan koordinasi.

  • Lysergic Acid Diethylamide(LSD)

Beberapa efek yang mungkin muncul akibat penyalahgunaan LSD, di antaranya: Rasa nikmat yang luar biasa, Kebingungan, Panik tiba-tiba, Tidak bisa mengendalikan emosi Perubahan persepsi penglihatan, penciuman, suara, perasaan dan tempat .

  • Dll

Apa ada efek lain narkotika pada tubuh kita Selain efek ketagihan, ketergantungan ?

Ada beberapa efek yang ditimbulkan akibat penggunaan narkoba, di antaranya:

  1. Efek stimulan
  2. Efek halusinogen
  3. Efek depresan
  4. Efek adiktif

Bagaimana ciri-ciri fisik pengguna narkoba ?

Penggunaan narkoba dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh dan pikiran hingga dapat berakhir pada kematian. Orang yang mengalami kecanduan tidak selalu jujur ​​tentang penyalahgunaan zat mereka. Maka dari itu penting untuk mengetahui ciri-ciri pengguna narkoba. Penggunaan sebagian besar zat akan menghasilkan tanda dan gejala yang nyata. Ini mungkin termasuk gejala fisik atau perilaku dan kemungkinan besar keduanya. Meski begitu, ciri-ciri pengguna narkoba antara satu dan lainnya tidak sama. Ciri-ciri pengguna narkoba dapat bervariasi dan tidak semua memiliki ciri yang disebutkan.

  1. Berat badan turun drastic
  2. Mata cekung dan merah,
  3. muka pucat dan bibir kehitaman
  4. Sembelit atau sakit perut tanpa alasan jelas
  5. Tanda berbintik merah seperti bekas gigitan nyamuk
  6. Ada bekas luka sayatan Terdapat perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan
  7. Mengeluarkan air mata yang berlebihan
  8. Mengeluarkan keringat yang berlebihan Kepala sering nyeri

Beberapa Risiko dan Bahaya Narkoba bagi Kesehatan Tubuh:

  • Gangguan fungsi otak
  • Dehidrasi
  • Kejang
  • Kematian
  • Gangguan kualitas hidup

Penulis: Mahasiswi, Universitas Andalas Padang

Related posts