Gubernur Ajak Warga Agam Manfaatkan Sampah Organik

  • Whatsapp
Bupati Agam Andri Warman dan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, ajak masyarakat memanfaatkan sampah organik untuk mengurangi timbunan sampah TPA.

Hal ini disampaikannya saat peninjauan lokasi TPA Sampah Regional Payakumbuh, Senin, (13/9/2021).

“Jika hal ini tidak segera kita tanggulangi, maka kita akan tetap selalu bermasalah dengan TPA,” ujarnya

Dikatakan, saat ini sampah yang ada di TPA sebagian besarnya adalah sampah organik. Oleh sebab itu, pihaknya berupaya untuk memilah sampah yang organik dan non organik, dan mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan sampah organik tersebut.

“Karena sampah organik tersebut, sebagian besar bersumber dari pasar, dengan begitu, kita berharap kepada pemerintah kabupaten dan kota, sebelum sampah tersebut dibuang ke TPA, agar dapat memilahnya terlebih dahulu, antara organik dan non organik,” harapnya

Dikatakan, sampah organik tersebut bisa dimanfaatkan untuk budidaya maggot, dijadikan pupuk, dan pakan ternak, serta lainnya, sehingga nantinya dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai ekonomis, yang dapat membantu perekonomian masyarakat.

“Diharapkan kepada bupati dan wali kota, agar dapat menyediakan lokasi tempat pengolahan sampah di wilayahnya masing-masing. Sehingga dengan memilah dan memanfaatkan sampah organik tersebut, maka nantinya dapat mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA,” harapnya.

Related posts