Guru SMP, MTs dan MA Antusias Ikuti Pelatihan Project Base Learning

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG — Dewan Pendidikan Kota bekerja sama dengan Diniyyah The Training Center menggelar pelatihan Project Base Learning bagi guru SMP, MTs dan SMA pada Senin, (17/1/2022).

Pelatihan ini merupakan upaya untuk  memberikan wawasan kepada guru tentang pelajaran berbasis proyek (kini disyaratkan dalam kurikulum 2022). Sehingga para guru mampu membimbing siswa dalam menghasilkan proyek dari materi pelajaran yang sudah didapatkan. 

Kegiatan hari pertama untuk guru SMP se-Kota Padang Panjang ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd. Adapun narasumber yaitu Ketua Dewan Pendidikan, Fauziah Fauzan El Muhammady, S.E, Akt, M.Si  dan Dr. Laili Ramadani, M.A.

Ali Thabrani mengapresiasi Dewan Pendidikan sudah sangat peduli dengan pendidikan di Kota Padang Panjang dengan langsung memberikan pelatihan kepada guru begitu juga dengan Diniyyah The Training Center. 

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan pencerahan kepada guru di lingkungan pendidikan Kota Padang Panjang,” katanya.

Lebih lanjut, kata Ali, saat ini  kurikulum yang diterapkan ialah kurikulum prototipe, melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya. 

“Rohnya sudah ada dari dulu. pembelajaran yang bermakna harus ditemukan di lapangan dan dapat dijalankan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. 

Kemudian, tambahkan lagi, mendorong anak mampu memiliki karakter pelajar Pancasila. Dengan enam karakter  yaitu beriman bertaqwa dan berakhlak mulia, mandiri, berkebhinekaan global, gotong royong, bernalar kritis dan mandiri.

Sementara itu, Fauziah Fauzan berharap pelatihan ini bisa dikembangkan para guru. Kemudian mampu menjadi percontohan bagi daerah lain. (Edi Fatra/ris).

Related posts