H-6 Jelang Idul Fitri 1442 H, Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik di Agam

  • Whatsapp
Pasar tradisional
Ilustrasi. (Foto/dok istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Agam mulai merangkak naik jelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal tersebut berdasarkan hasil pantauan Disperindagkop dan UKM Agam di pasar tradisional Lubuk Basung, Kamis (6/5/2021).

Read More

Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Agam, Nelfia Fauzana mengatakan, dari hasil pantauan terdapat 6 jenis kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan.

“Cabai merah kriting dari Rp30 ribu per kilogram naik jadi Rp35 ribu per kilogram. Cabai rawit dari Rp25 ribu per kilogram naik jadi Rp30 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp25 ribu per kilogram naik jadi Rp30 ribu per kilogram, bawang putih dari Rp25 ribu per kilogram naik jadi Rp30 ribu per kilogram,” ujarnya kepada MinangkabauNews.com, Jum’at, (7/4/2021).

Dilanjutkannta, bawang prey dari Rp13 ribu per kilogram naik jadi Rp15 ribu per kilogram, tomat dari Rp10 ribu per kilogram naik jadi Rp12 ribu per kilogram.

“Faktor kenaikan harga pada sejumlah kebutuhan pokok tersebut akibat kurangnya stok dari petani,” katanya.

Sementara itu juga terdapat beberapa harga kebutuhan yang mengalami penurunan, yaitu sayuran buncis yang alami penurunan harga, dari Rp13 ribu per kilogram turun jadi Rp10 ribu per kilogram.

“Sedengakan kebutuhan pokok lainnya masih terpantau stabil,” tutupnya. (JNS)

Related posts