Hadapi Proses Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai Gelar Rakor Penyelesaian Sengketa

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kali ini menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyelenggaraan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Bujai Griya Hotel, Selasa (27/09/2022).

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan, yang terdiri perwakilan dari berbagai Partai politik yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan wartawan.

Read More

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai Perius Sabaggalet mengatakan, menjelang pemilu tahun 2024 tahapan tahapan proses sudah berjalan, sekiranya terjadi pelanggaran sengketa sengketa bisa kita atasi bersama nantinya.

“Persoalan yang ada, pastinya akan kita hadapi bersama, dalam sengketa bisa saja terjadi antar peserta pemilu. Harapan kita proses pemilu berjalan dengan baik, meskipun ada riak riak kecil yang akan kita hadapi”, ujar Ketua Bawaslu.

“Dengan adanya kegiatan ini sengketa proses pemilu ditahun 2024 dapat terminimalisir dan bisa diatasi “, tegas Perius.

Perius menambahkan, harapan kita sengketa dapat berkurang dalam proses pemilu nantinya. Walaupun demikian, kalau ada sengketa pastinya kita bisa menyelesaikan dan mengatasinya dengan aturan yang berlaku, sambungnya.

Semoga proses pemilu jelang tahun 2024 hingga pesta demokrasi berlangsung, berjalan aman dan kondusif, partisipasi masyarakat juga dapat meningkat, imbuh Perius.

Sementara itu Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai Firdaus Risman Satoinong menyebutkan, proses pemilu kedepannya berharap akan berjalan dengan baik.

Namun sengketa pemilu tak luput dari pengawasan kita, dan harus diatasi agar pelaksanaan kegiatan berlangsungnya proses pemilu jelang tahun 2024 berjalan maksimal, ujar Firdaus.

Ia menambahkan, demi lancarnya proses pemilu, komunikasi mesti harus terjalin dengan baik, baik Bawaslu, KPU, Partai Politik dan lembaga lembaga lainnya, semua persoalan pastinya bisa diatasi kalau kita saling koordinasi, sebutnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, semua peserta dari perwakilan Partai Politik saling lempar pertanyaan dalam sesi tanya jawab yang disampaikan oleh moderator. (Tirman)

Related posts