Hadiri Alek Gadang Malewakan Gala, Wabub Agam Sebut Ini

Acara adat malewakan gala Dt. Sirajo di Agam. (Foto/dok istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah hadiri alek gadang malewakan gala Dt. Sirajo yang di gelar Kaum Suku Caniago Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung, Minggu, (9/1/2022).

Pada kesemapatan itu, Irwan Fikri mengucapkan selamat kepada kaum Suku Caniago yang hari ini menggelar alek batagak gadang malewakan gala kepada Sudirman, dengan memangku gelar adat Dt Sirajo.

Read More

Menurutnya, kegiatan ini terlaksana bentuk dukungan tokoh adat, masyarakat dan pemerintah nagari, dalam mentradisikan adat budaya Minangkabau di nagari.

Bicara adat budaya, dilanjutkannya, sejalan dengan program Pemkab Agam, yang berkomitmen mengembangkannya pada kaum muda sebagai generasi penerus ninik mamak di Minangkabau, khususnya Agam.

“Kegiatan ini sejalan dengan program kita,” katany.

Untuk itu, ia berharap ninik mamak bisa bersatu dan bersinergi dengan pemerintah, dalam mewujudkan Kabupaten Agam yang lebih maju di bidang adat budaya ini.

“Pelaksanaan adat budaya bukan hanya seremonial saja, namun nilai didalamnya harus mengakar pada prilaku,” ucapnya.

Dijelaskannya, sikap perilaku masyarakat sehari-hari hendaknya sejalan dengan nilai adat budaya Minangkabau, sehingga ke depan akan lahir generasi berkarakter yang jadi penerus ninik mamak.

Related posts