Hadiroi Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik, Ini Pesan Bupati Eka Putra

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR – Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM, Rabu 4 Mei 2022,disaksikan sekitar 1.500 orang penonton membuka secara resmi Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukit Kecamatan Sungayang.Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukit merupakan event perdana dari Satu Nagari Satu Event tahun 2022.

Peresmian ditandai dengan pemukulan Gendang oleh Bupati Tanah Datar yang didampingi Ketua TPP PKK Tanah Datar Lise Eka Putra, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Luhur Budianda,Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar yang diwakili salah Satu Kabid Aprimas, Khairul Abdi,Nurhamdi Zahri Anggota DPRD Tanah Datar,Abdul Hakim Asisten II Setda Tanah Datar, dan Agung Indrianto Kepala Dinas Parpora Tanah Datar.

Read More

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya memuji dan bangga kepada masyarakat Nagari Andaleh Baruh Bukit Kecamatan Sungayang, yang rutin setiap tahun menggelar event Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukit. Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik,merupakan warisan budaya yang sudah turun temurun dari tahun ke tahun, acara ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahim antara masyarakat yang ada di kampung dengan masyarakat perantauan.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, berdasarkan potensi dan sejarahnya yang panjang tersebut,pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menetapkan Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukit kecamatan Sungayang,sebagai salah satu nagari yang melaksanakan Satu Nagari Satu Event tahun 2022, dari 14 Nagari yang telah ditetapkan.

Melalui pelaksanaan Satu Nagari Satu Event akan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian di nagari,klub olahraga nagari,UMKM,meningkatnya kunjungan wisatawan ke nagari dan akhirnya terjadinya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,harap Bupati.
Eka Putra yang sangat serius mengembangkan Pariwisata Tanah Datar.

Albayani Dt.Paduko Besar,Walinagari Andaleh Baruh Bukit dalam laporannya menyampaikan bahwa Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh digelar mulai tanggal 4 Mei s/d 10 Mei 2022,mulai pukul 16.00 s/d pukul 18.00 yang akan menampilkan berbagai kesenian spesifik minang dan permainan tradisional,yang mengangkat kearifan lokal seperti Pencak silat, Tari Piriang, Dabuih, Lukah Gilo, Cimuntu, yang ditampilkan oleh sanggar sanggar seni yang ada di nagari Andaleh Baruh Bukik, serta bermacam permainan anak nagari.

Acara pembukaan Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh cukup meriah dan sukses, ditandai dengan banyaknya penonton yang hadir dtambah lagi dengan pegelaran Tari Kolosal oleh Sanggar Sari Bunian yang sangat menghibur.Setelah acara pembukaan secara resmi,Bupati Tanah beserta rombongan melakukan kunjungan ke stand pedagang, untuk melihat aneka kuliner dan UKM yang ditampilkan, karena salah satu tujuan pelaksanaan Satu Nagari Satu Event adalah peningkatan ekonomi masyarakat melalui transaksi di Stand lokasi event.

Luhur Budianda Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat,yang ditemui seusai acara pembukaan Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh ketika ditemui media ini memberikan apresiasi Program Unggulan Satu Nagari Satu Event yang dicanangkan Pemda Tanah Datar.Karena melalui program ini akan tergali berbagai potensi dan kerarifan lokal masyarakat Tanah Datar yang sarat dengan berbagai budaya dan kuliner spesifik.

Sementara itu Efridho Jamhur,ketua Panitia Pelaksana Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh, ketika dihubungi pada malamnya setelah pembukaan mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh, transaksi jual beli pedagang sekitar Rp. 40 juta rupiah dan diharapkan Rido terjadi peningkatan transaksi setiap harinya.(Mi)

Related posts